Negeri Dongeng: Cerita Tumbuhan dari Peri Violet

  • Selasa, 17 April 2018 10:00 WIB

Cerita Tumbuhan dari Peri Violet | Cerita Tumbuhan dari Peri Violet

Pak Guru menerangkan tentang tumbuhan. Semua kurcaci mendengar dengan tekun. Hanya Oki yang tampak mengantuk. "Huh, membosankan," keluh Oki di dalam hati.

undefined
"Aku tidak suka pelajaran tentang tumbuhan!" cerita Oki pada Nirmala. "Ayo, kita ke hutan!" ajak Nirmala kemudian. “Tumbuhan itu menarik lo, untuk dipelajari," ujar Nirmala.
undefined
TRIINGG! Tiba-tiba muncul Peri Violet, la salah satu peri tumbuhan. "Tolong terangkan tentang tumbuhan pada Oki," pinta Nirmala pada peri Violet. Peri Violet mengangguk.
undefined
"Lihatlah lingkaran-lingkaran di permukaan batang kayu ini, Ki! Setiap lingkaran, menandakan satu tahun usia pohon. Kalau ada 100 lingkaran, berarti usia pohon 100 tahun."
undefined
"Sekarang, aku akan menerangkan tentang daun," ujar peri Violet kemudian. Nirmala segera menyulap, "Sim saiabim!" Wow, Nirmala dan Oki jadi sekecil peri Violet. Wah, lihatlah! Peri-peri tumbuhan sedang memasak di atas daun. "Daun adalah dapur. Makanan untuk tumbuhan dimasak di daun dengan bantuan sinar matahari," Makanan itu akan membuat tumbuhan tumbuh subur," ujar peri Violet.
undefined
"Wah, pelajaran tentang tumbuhan, menarik ya!" ujar Oki gembira. “Terima kasih, peri Violet!" Peri Violet mengangguk dan berpesan, "Jangan lupa ya, pelajaran hari ini!"
undefined
Esok harinya, ada ulangan tentang tumbuhan. Apa arti Iingkaran pada permukaan batang pohon? Di mana tumbuhan . memasak makanannya? Ow, tentu saja Oki tahu jawabannya! (Cerita: Vanda P. / Ilustrasi: Iwan Darmawan)
 

 

 

Sumber : dok. Majalah Bobo

Reporter : KUSSUSANI
Editor : KUSSUSANI

KOMENTAR

MOST READ

Janji Ayah

3 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

20 jam yang lalu

Kado Peri Ulang Tahun

3 hari yang lalu

Bersyukurlah, Anita!

23 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×