Ongki Rindu Pulang ke Rumah

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 15:00 WIB

Ongki Rindu Pulang ke Rumah | Dok. Majalah Bobo

 

Di sebuah pelabuhan tua, terdapat sebuah kapal. Tak jauh dari kapal itu, ada toko yang menjual semua jenis hewan. Para pelaut  membawanya dari negeri-negeri jauh. Ada burung yang cantik, ikan berbentuk aneh, dan seekor monyet kecil.

Ongki, si monyet kecil, dikurung di kandang. Ia merasa sangat bosan. Namun suatu malam, ketika penjaga toko memberi Ongki makan, ia tidak menutup kandangnya dengan rapat. Begitu penjaga toko itu pergi, Ongki mengendap keluar dari kandang itu. Lalu lari keluar dari toko itu.

Dalam beberapa langkah saja, Ongki sudah sampai di jalan raya. Ia melompat naik ke sebuah bis yang lewat. Ongki pun terbawa sampai ke kota lain. Ia lalu melompat pindah ke sebuah kereta kuda. Akhirnya ia tiba di sebuah pedesaan.

Di desa itu, kebetulan ada rombongan sirkus. Tendanya besar dan dikelilingi lampu terang warna-warni. 

Ongki sangat kecil dan kurus. Dengan mudah ia menyelinap di antara keramaian pengunjung sirkus. Ia masuk ke sebuah tenda besar. Di dalamnya terdapat banyak kandang berisi segala macam binatang liar.

Ia lalu masuk ke tenda pertunjukan. Betapa bagusnya semua ini... musiknya, lampunya, orang-orang yang menonton, pikir Ongki.

Ongki mengagumi seekor kuda besar dengan kepala yang dihiasi bulu-bulu indah. Ia juga ternganga melihat seekor gajah yang dihiasi ornament berkilau. Dia juga terkesan dengan anjing pintar yang mengenakan kostum cerah.

“Wah, senangnya dikagumi dan disambut oleh tepuk tangan ribuan penonton,” pikir Ongki. Ia teringat di hutan asalnya. Di sana, ia sering beratraksi  jungkir balik. Gerakan-gerakannya jauh lebih hebat daripada yang dilakukan oleh hewan-hewan di sirkus itu.

Ongki lalu melompat masuk ke tengah arena sirkus. Ia lalu melompat lagi sampai ke puncak tenda. Ia ingin para penonton bertepuk tangan dan mengaguminya. Jika punya banyak pengagum, Ongki berpikir, mungkin ia akan betah berada di desa itu.

Sumber : (Dok. Majalah Bobo / Fabel)

Reporter : Vanda Parengkuan
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Selembar Komik untuk Kiria

3 hari yang lalu

Cergam Bobo: Boneka Bebek

16 jam yang lalu

Tong Gendut

2 hari yang lalu

Misteri Makhluk Pulau Oahu

1 hari yang lalu

Cergam Bobo: Komedi Putar

3 hari yang lalu

Sendiri di Rumah

1 hari yang lalu

Rambut Elektrik

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×