Sup Batu

  • Minggu, 15 Oktober 2017 15:00 WIB

Honza adalah seorang pengembara yang cerdik. Dengan bermodalkan sebutir batu, ia berhasil membujuk Nek Milka membuat sup yang lezat... | Dok. Majalah Bobo

Honza menggelengkan kepalanya sedih. Ia pun meneruskan perjalanannya sambil menahan lapar. Tak lama kemudian, ia melewati sebuah rumah gubuk. Itulah rumah pertama yang dilihatnya di desa itu. Honza pun mendekati rumah itu dan mengetuk pintu rumahnya. Sesaat kemudian, muncullah wajah seorang nenek dari balik pintu.

"Selamat malam.. " sapa si Honza sopan. "Adakah sedikit makanan sisa untukku. Namaku Honza. Aku pengembara yang kedinginan dan kelaparan…"

Nenek itu membuka pintu sedikit lebih lebar.  "Saya tidak punya makanan, Nak…" katanya dengan suara parau.  "Tapi kau boleh masuk untuk menghangatkan badan. Oya, namaku Nek Milka…"

Honza segera masuk ke rumah sederhana itu dengan lega. Kini ia duduk  di dekat perapian. Badannya mulai terasa hangat. Sementara itu, Nek Milka duduk di seberangnya sambil merajut. Wajahnya tampak merengut bosan. Cuaca dingin membuat ia tak bisa melakukan kegiatan lain selain merajut. 

Beberapa saat kemudian, Honza mengambil batu kerikil tadi dari sakunya. Ia menggosok-gosoknya di lengan bajunya dan melempar-lemparkannya dari tangan kanan ke tangan kirinya. Nek Milka jadi tertarik dan mulai memerhatikannya.

"Kemarin saya makan sup yang lezat dari batu ini,” kata Honza.

"Ah, tidak mungkin. Mana mungkin batu bisa dibuat sup,” tawa Nek Milka.

"Tentu saja bisa," jawab Honza. "Akan saya buktikan jika ada panci besar berisi air."

Nek Milka tampak ragu. Namun, ia tiba-tiba menjadi bersemangat karena mendapat kegiatan. Nek Milka segera mengambil sebuah panci dan meletakkannya di atas kompor.

Ketika air mendidih,  Honza memasukkan batu kerikil itu ke dalam panci. Beberapa menit kemudian, ia mengambil sendok dan mencicipi air itu.

Sumber : dok. Majalah Bobo

Reporter : Vanda Parengkuan
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cerita

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

Cerita

Siluman Sungai dan Jembatan

11 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Terlambat

1 jam yang lalu

Cerita

Keri Kelinci Penakut

12 jam yang lalu

Cerita

Mencari Serangga

14 jam yang lalu

MOST READ

Piano Dalam Api

3 hari yang lalu

Selembar Komik untuk Kiria

1 hari yang lalu

IQ Rendah Tidak Masalah

3 hari yang lalu

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cergam Bobo: Komedi Putar

1 hari yang lalu

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×