Tuk Kecil

  • Selasa, 12 September 2017 19:00 WIB

Tuk Kecil | Ilustrasi: Dhian

Tuk adalah seorang anak yang hidup di sebuah kota di Denmark. Pada suatu hari, karena akan ulangan Geografi, Tuk belajar sampai malam. Bahan ulangannya cukup banyak. Tuk belajar dengan tekun. Namun, adik kecil Tuk lalu muncul.

“Kak, temani aku bermain boneka ksatria…” rengek adik Tuk.

Tuk tidak tega menolak. Ia akhirnya menemani adiknya bermain boneka ksatria. Boneka-boneka ksatria Denmark itu dideretkan seperti sedang berbaris. Sesekali, mata Tuk melirik ke buku pelajaran yang dipegangnya. Ia ingin tetap belajar sambil menemani adiknya bermain. Namun, pelajaran Geografi negara Denmark, sangat sulit baginya. Ia jadi susah berkonsentrasi kalau belajar sambil bermain.

Ketika tiba waktunya tidur, Tuk jadi gelisah. Ia merasa belum hapal bahan pelajaran untuk ulangan Geografi besok.  Akhirnya, Tuk meletakkan bukunya di bawah bantal. Ia pernah mendengar dongeng yang bercerita tentang anak yang akan ulangan. Setelah belajar tekun, anak itu meletakkan buku pelajaran di bawah bantal. Konon, besoknya anak itu bisa mengingat semua isi buku. 

“Semoga cara ini berhasil,” gumam Tuk sebelum tidur.

Tuk belum lama tertidur, ketika ia merasa bukunya bergerak-gerak di bawah bantal. Buku itu bergerak maju mundur. Tak lama kemudian, Tuk merasa tubuhnya pun ikut bergerak.

“Astaga, kenapa aku berada di atas kuda?” seru Tuk terkejut.

Ya, ajaib!

Kini Tuk berada di punggung seekor kuda putih. Di depannya, ada seorang ksatria dengan baju besi dan helm ksatria. Ternyata, kini Tuk sedang membonceng di belakang Ksatria Berkuda Putih.

 Kuda putih itu terbang tinggi dan mereka melewati semua kota yang ada di Denmark. Lampu-lampu kota tampak menyala di bawah sana. Setiap melewati sebuah kota, Ksatria Berkuda Putih itu menceritakan semua sejarah dan jumlah penduduk kota itu. Ksatria itu juga bercerita tentang tari-tarian dan makanan di kota itu.

Sumber : dok. Majalah Bobo

Reporter : Vanda Parengkuan
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×