10 Ikan Hias Termahal di Dunia
Author : willa widiana | Posted on : Sabtu, 19 Agustus 2017

Ikan hias merupakan hewan yang menggemaskan. Kadang, kita ingin memelihara banyak ikan hias dalam satu akuarium. Tapi, tidak semua ikan hias bisa kita pelihara, entah karena langka atau mahal. Bicara soal ikan hias mahal, Bobo jadi ingat dengan 10 ikan hias termahal di dunia menurut www.alux.com.

Candy Basslet

Harga 1000 USD.

Banyak ditemukan di Kepulauan Bahama, perairan Semenanjung Florida, sepanjang Karibia sisi timur, dan kebanyakan di pesisir Curacao.

undefined
Clarion Angelfish

Clarion Angelfish - Harga 2500 USD.

Clarion Angelfish (Holacanthus clarionensis) bisa ditemukan di Pasifik wilayah pantai Meksiko, tepatnya di Pulau Revillagigedo. Konon selama hampir 40 tahun ini, ikan ini hanya ada di penangkaran dan susah ditemukan di penjual ikan hias.

undefined
Wrought Iron Butterflyfish

Wrought Iron Butterflyfish - Harga 2700 USD.

Ikan ini banyak ditemukan di perairan Jepang. Panjangnya bisa mencapai 15 cm lebih. Nama ikan ini sesuai dengan warnanya yang indah, abu-abu kehitaman mirip dengan warna besi dengan aksen kuning di bagian ujung siripnya. 

undefined
Australian Flathead Perch

Australian Flathead Perch - Harga 5000 USD.

Banyak ditemukan di perairan Australia, ikan jenis ini pertama kali terjual di Amerika pada tahun 2011. Warnanya yang unik menjadi daya tariknya.

undefined
Nature Grouper

Nature Grouper - Harga 6000 USD.

Ini termasuk ikan perairan laut dalam, karena itu susah untuk didapatkan. Saat masih muda, ikan ini berwarna perpaduan antara oranye dan kuning. Namun begitu dewasa, warnanya berubah menjadi cenderung merah jambu dang garis-garis kuning.

undefined
Golden Basslet

Golden Basslet - Harga 8000 USD.

Ikan dengan nama latin Liopropoma Aberrans ini bisa ditemukan di perarian Samudera Pasifik dan Atlantik di kedalaman 130-an meter hingga 240-an meter. Ikan ini jenis penyendiri (soliter) dan pemalu. Untuk menangkapnya, perlu memakai kapal selam untuk laut dalam.

undefined
Bladefin Basslet

Bladefin Basslet  - Harga 10.000 USD.

Ikan mungil ini bisa ditemukan di perairan Karibia. Panjangnya bisa mencapai hampir 4 cm. Sirip punggunya yang irip pisau membuatnya dijuluki dengan nama ini. Ikan ini termasuk ikan perairan batu karang yang dalam. Karena itu sulit ditangkapnya.

undefined
Peppermint Angelfish

Peppermint Angelfish - Harga 30.000 USD

Lihat tampang ikan ini, lucu banget, ya! Tidak kalah dari Nemo dan Dory, hihihi... Ikan ini juga termasuk ikan perairan dalam. Konon begitu ada sat ikan ini muncul di Akuarium Waikiki pada tahun 2012, sontak banyak yang memburunya untuk dikoleksi.

undefined
Freshwater Polka Dot Stingray

Freshwater Polka Dot Stingray - Harga 100.000 USD

Ikan pari ini punya mutasi genetik yang unik. Dijual di Taiwan. Selain harganya yang mahal banget, ikan ini tidak bisa makan sendiri seperti ikan pari pada umumnya. Ia harus disuapi dengan tangan. Waduh!

undefined
Platinum Arowana

Platinum Arowana - Harga 400.000 USD

Ikan dengam harga fantastis ini banyak ditemukan di kawasan Asia, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Saking mahalnya ikan ini, sampai ditanam microchip ke dalam tubuhnya saat masih muda. Ini untuk tanda keaslian spesies istimewa ini. Kesitimewaan Platinum Arowana ini karena ada mutasi genetik sehingga muncul warna yang unik namun indah. Di antara tipe arwana lain, Platinum Arowana bisa mencapai panjang 80-an cm dan bisa hidup lebih dari 50 tahun!

Jika 1 USD sama dengan Rp.13.300, maka 1.000 USD sama dengan Rp.13.300.000. Wah, tak terbayang, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli ikan platinum arowana.

Teks: Sigit Triwahyu, Foto: Berbagai Sumber