5 Cara Menjaga Ingatan Tetap Kuat

  • Selasa, 12 September 2017 15:55 WIB

5 Cara Menjaga Ingatan Tetap Kuat | Ode

Apakah teman-teman termasuk orang yang suka lupa menaruh dompet, lupa menaruh ponsel, hingga lupa membawa buku pelajaran? Jika iya, maka bisa saja kamu mengalami pikun dini. Tapi jangan khawatir, karena Bobo punya 5 cara menjaga ingatan tetap kuat.

Olahraga Rutin

Olahraga bisa membuat tubuh kita lebih segar, karena racun di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan sel-sel kelabu (sel yang bertugas menampung dan mengatur memori seseorang) di dalam otak. Jadi, bagi yang sering lupa menaruh barang, cobalah untuk berolahraga secara rutin.

undefined
Olahraga bisa menjaga ingatan tetap kuat!

Membaca Cerpen/Novel

Membaca cerpen/novel juga bisa melatih daya ingat kita, lo! Saat membaca, kita harus mengingat nama tokoh utama dan tokoh pembantu dalam sebuah cerita. Selain itu, kita juga harus mengingat nama tempat dan alur ceritanya. Proses mengingat nama dan alur cerita itu bisa melatih otak kita supaya tidak mudah lupa.

Tidur yang Cukup

Saat tubuh kelelahan, konsentrasi kita akan berkurang. Akibatnya, kita jadi lebih sering lupa. Tidur merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi kelelahan. Jika belakangan ini kamu sering lupa menaruh sesuatu, tandanya kamu butuh tidur! Selain tidur, kamu juga harus minum air putih yang cukup, ya!

undefined
Tidur bisa membuat ingatan kita kuat kembali, lo!

Bersosialisasi

Ternyata, bersosialisasi bisa membuat ingatan kita tetap tajam, lo! Menurut penelitian dari Harvard Medical School, bersosialisasi akan membuat kita mengingat banyak nama dan cerita. Saat mengingat nama dan cerita dari seseorang, otak akan terlatih secara tak sengaja. Seperti kita tahu, otak yang sering dilatih itu jauh lebih kuat daripada yang jarang dilatih.

Mengisi TTS

Mengisi TTS (teka teki silang) terlihat sepele. Padahal, saat mengisi soal TTS, otak kita akan dilatih untuk mencari jawaban yang tepat. Selain dilatih mencari jawaban, otak juga dilatih untuk mengingat jawaban dari setiap pertanyaan. Seperti kita tahu, beberapa soal TTS itu biasanya sama (hanya dibolak-balik saja). Jika tidak suka TTS, kamu bisa menggantinya dengan bermain catur.

undefined
Mengisi TTS bisa melatih ingatan supaya tetap kuat!

Nah, Teman-teman, itulah 5 cara menjaga ingatan tetap kuat. Kamu tidak perlu melakukan semuanya, pilih saja salah satu yang paling kamu sukai!

Ilustrasi: Ode

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×