Bikesphere, Sepeda yang Memiliki Lampu Anti Kecelakaan

  • Senin, 19 Juni 2017 13:00 WIB

Foto: brilio.net | Foto: brilio.net

Berkendara para malam hari biasanya berisiko kecelakaan lebih besar daripada di siang hari. Terlebih jika teman-teman mengendari sepeda yang tidak memiliki lampu seterang motor atau mobil. Namun, kini ada sepeda dengan lampu anti kecelakaan!

Bagaimana Cara Bikesphere Bekerja

Sebuah produk sepeda dari Perancis bernama Bikesphere, memiliki laser pada setangnya. Jika sepeda ini dikendarai pada malam hari, ada cahaya kemerahan yang menyinari bagian depan dan belakang sepeda.

Agar kendaraan lain bisa melihat ada sepeda yang melintas, bola laser Bikesphere juga bisa membuat cahaya kemerahan yang terpantul ke jalan, di sekeliling sepeda. Cahaya itu akan ikut bergerak bersama sepeda tersebut. Dengan begitu, sepeda tersebut akan terlihat meski dalam suasana gelap.

undefined
Sensor pada Bikesphere (Foto: brilio.net)

Bikesphere memiliki sensor tertentu untuk menilai lingkungan di sekitar pengendara. Ketika mendeteksi ada kendaraan lain yang mendekat dalam jarak tertentu, sensor akan memberikan peringatan kepada pengendara.

 

Bikesphere di siang hari

Nah, bagaimana jika kita mengendarai Bikesphere di siang hari? Karena Bikesphere juga mirip dengan sepeda biasa, maka ketika berada di tempat terang atau siang hari, hanya lampu utama pada Bikesphere yang aktif menyala. Hal ini bertujuan untuk menghemat baterai.

Hal ini sengaja dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan di jalan, terutama saat malam hari dan sedikit penerangan. Perusahaan Bikesphere memang ikut dalam gerakan Trendy Driver, sebuah gerakan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. 

Reporter : Petronela Putri
Editor : Petronela Putri

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Cerita

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Cerita

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

Cerita

Yang Terbaik

22 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Berenang

3 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Wow, Rapinya!

2 hari yang lalu

Menjaga Adik

3 hari yang lalu

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×