Coober Pedy, Kota di Bawah Tanah

  • Jumat, 21 April 2017 15:27 WIB

Kota bawah tanah, kota Cober Pedy

Kenapa kota ini dijuluki kota unik? Soalnya, kota ini dibangun di bawah tanah untuk melindungi penduduknya dari suhu ekstrem.

Kota bawah tanah

Coober Pedy adalah kota yang berada sekitar 850 km dari Adelaide, sebelah utara Australia Selatan. Kota ini tidak seperti kota lainnya. Suhu di kota ini sangat panas. Suhunya  bisa mencapai 40 derajat celcius. Karena itu, penduduk kota Coober Pedy membangun kota mereka di bawah tanah. Sama seperti kota lainnya, kota bawah tanah ini juga memiliki fasilitas umum, seperti perpustakaan, tempat ibadah, hotel, restoran, dan tempat olahraga.

Penghasil batu permata

Kota Coober Pedy dijuluki sebagai ‘Opal Capital of The World’ alias ‘Kota Penghasil Batu Permata’. Opal adalah batu permata yang terdapat dalam berbagai macam warna. Kota ini mulai digali sekitar tahun 1915, oleh seorang anak bernama Willie Hutchison dengan ayahnya.

Ketika menggali, mereka menemukan batu permata dengan warna yang indah di setiap dinding. Sejak saat itu, lorong-lorong di bawah tanah kota Coober Pedy mulai terbentuk dan kota ini menjadi kota bawah tanah yang unik.

O ya, meskipun di bawah tanah, semua ruangannya diberi ventilasi untuk menjaga suhu agar tetap teratur. Kota Coober Pedy memiliki lebih dari 70 lahan pertambangan batu permata terbesar di dunia. Kota ini dijadikan sebagai kota penyuplai batu permata.

Salah satu toko perhiasan di kota Cober Pedy
Salah satu toko perhiasan di kota Cober Pedy

Karena keunikannya ini, kota Coober Pedy sering mendapatkan penghargaan pariwisata dan budaya. Keren! Siapa yang mau menyusuri lorong-lorong kota Coober Pedy?

Foto : creativecommons.org

Reporter : Marisa Febrilian
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cerita

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

Cerita

Siluman Sungai dan Jembatan

11 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Terlambat

1 jam yang lalu

Cerita

Keri Kelinci Penakut

12 jam yang lalu

Cerita

Mencari Serangga

14 jam yang lalu

MOST READ

Piano Dalam Api

3 hari yang lalu

Selembar Komik untuk Kiria

1 hari yang lalu

IQ Rendah Tidak Masalah

3 hari yang lalu

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cergam Bobo: Komedi Putar

1 hari yang lalu

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×