Gulab Jamun, Hidangan Manis Untuk Hari Raya

  • Jumat, 23 Juni 2017 10:00 WIB

Gulab Jamun | pixabay.com

Selalu ada yang spesial saat merayakan hari Raya. Seperti makanan yang satu ini. Gulab Jamun, makanan yang berbentuk bola-bola susu ini sering disajikan saat hari Raya tiba.

Bola-Bola Susu

Gulab Jamun adalah makanan khas dari India. Selain sebagai hidangan penutup, gulab jamun juga disajikan saat perayaan hari-hari besar. Dalam bahasa Hindi, kata gulab, artinya mawar, sedangkan jamun, berarti buah plum. Jadi, gulab jamun adalah hidangan manis yang bentuk seperti bola dan dibuat dengan bahan dasar susu. Nah, menyantap gulab jamun ini disiram dengan kuah gula dengan campuran jahe dan air mawar. Hidangan manis ini sangat kental dengan aroma susunya. Tak heran, kalau anak-anak sampai orang dewasa sangat menyukai makanan penutup ini.

Makanan Tradisional

Di India, gulab jamin merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal. Rupanya, tak hanya di India, gulab jamun juga menjadi makanan tradisional di Pakistan, Nepal, Srilanka, dan Bangladesh. Meskipun disebut makanan tradisional, membuat gulab jamun tidak terlalu sulit. Susu sebagai bahan utama dicampur dengan sedikit tepung dan mentega, aduk sampai rata. Setelah itu, bulatkan adonan sebesar bola pingpong. Kemudian goreng ke dalam minyak panas sampai matang. Ketika menyajikan, siram dengan kuah gula yang dicampur dengan jahe dan air mawar. Slurrrp! Gulab jamun sudah bisa dinikmati.

Nah, siapa yang sudah pernah mencicipi manisnya gulab jamun?  

Foto : pixabay.com

Reporter : Marisa Febrilian
Editor : Marisa Febrilian

KOMENTAR

MOST READ

Janji Ayah

3 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

20 jam yang lalu

Kado Peri Ulang Tahun

3 hari yang lalu

Bersyukurlah, Anita!

23 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×