Kulit Pisang Juga Ada Manfaatnya!

  • Selasa, 30 Mei 2017 15:05 WIB

Kulit pisang juga ada manfaatnya, lo. | Creative Commons

Selama ini, kulit pisang langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal, menurut penelitian kulit pisang memiliki banyak manfaat. Berikut ini kandungan kulit pisang.

Vitamin

Kulit pisang mengandung vitamin A dan lutein. Kamu pasti tahu kalau vitamin A itu baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga bisa mencegah katarak dan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.

Triptophan

Selain vitamin A, kulit pisang juga mengandung triptophan yang bisa membantu kita tidur lebih cepat. Oiya, kulit pisang juga mengandung zat yang bisa meningkatkan rasa senang. Semakin matang sebuah pisang, maka semakin banyak pula kandungan kedua zat itu.

Potasium

Ternyata, potasium juga ada di dalam kulit pisang, lo. Potasium yang ada dalam kulit pisang akan menyatu dengan sodium. Kedua zat itu akan menjaga cairan tubuh, mengatur denyut nadi, dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Antoksidan

Kulit pisang juga mengandung antioksidan, lo, Teman-teman. Kamu semua pasti tahu, kan, kalau antioksidan itu bisa mencegah kanker?

Serat

Oiya, kulit pisang juga mengandung serat yang larut dan tidak larut di dalam air. Serat ini bisa memperlambat pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kedua zat itu sangat penting keberadaannya.

Wah... tak disangka, ya, kalau kulit pisang juga ada manfaatnya!

Foto: Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×