Lapangan Puputan Badung, Tempat Piknik di Tengah Kota Denpasar

  • Sabtu, 15 Juli 2017 19:20 WIB

Lapangan Puputan Badung. Foto: tripadvisor.com | Lapangan Puputan Badung. Foto: tripadvisor.com

Perjuangan I Gusti Ngurah Made Agung

“Puputan” merupakan sebuah kata yang berarti habis-habisan. Lapangan Puputan Badung adalah simbol penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang. Di bagian Utara Lapangan Puputan Badung, terdapat monumen untuk menghormati perjuangan I Gusti Ngurah Made Agung bersama para pahlawan lainnya saat melawan Belanda di Perang Puputan Badung pada tahun 1906. 

undefined
Monumen di Lapangan Puputan Badung. Foto: http://dereizigersgids.nl

 

Hijau dan Sejuk

Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu di Lapangan Puputan Badung. Lapangan hijau dengan pepohonan yang mengelilingi membuat suasana piknik menjadi nyaman. Setiap pagi juga banyak masyarakat yang berolahraga di lapangan ini, mulai dari lari pagi sampai bermain sepak bola.

Di sekitar lapangan juga terdapat kursi-kursi yang bisa digunakan untuk mengobrol bersama teman. Biasanya kursi-kursi ini dipakai oleh para orang tua sambil memerhatikan anaknya bermain di lapangan. Kadang juga digunakan untuk bermain catur.

undefined
Kursi-kursi yang tersedia di sekitar lapangan. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Pentas Seni

Biasanya setiap hari Sabtu atau Minggu sore, panggung di Lapangan Puputan Badung akan diisi dengan berbagai pementasan seni dari siswa TK dan sanggar-sanggar seni. Pengunjung bisa menyaksikan tari tradisional, permainan musik dan lagu, serta teater secara gratis.

undefined
Pentas seni di Lapangan Puputan Badung. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Museum Bali dan Pura Agung Jagatnatha

Bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan di sekitaran Lapangan Puputan Badung, ada Museum Bali dan Pura Agung Jagatnatha. Kedua tempat ini ada di sebelah timur lapangan. Di Museum Bali, pengunjung bisa melihat gambaran kebudayaan Bali tempo dulu dan perkembangannya sampai saat ini.

Reporter : Putri Puspita
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×