Mudik Asyik Melewati Jalan Tol Bawen-Salatiga

  • Selasa, 20 Juni 2017 07:00 WIB

Foto: kompas.com | Foto: kompas.com

Di tahun 2017 ini, ada jalan tol baru yang merupakan jalan tol Trans Jawa untuk arus Semarang-Solo. Nama tol tersebut adalah Bawen-Salatiga, yang terbentang sepanjang 17,5 kilometer. Tol ini nantinya diharapkan dapat memperlancar arus mudik yang melalui kota Salatiga.

Berbeda dari jalan tol lainnya, jalan tol Bawen-Salatiga ini menyajikan pemandangan yang indah di sepanjang lintasan jalannya. Misalnya saja, terlihat bukit-bukit, hamparan perkebunan, dan Gunung Merbabu, membuat siapa saja yang melewatinya tidak merasa bosan. Ternyata, selain dimanfaatkan untuk mudik, memang tol ini nantinya dipakai juga untuk jalur wisata.

Jejeran pemandangan yang menyejukkan mata

Saat kita memasuki tol Bawen-Salatiga dari arah Semarang, pemandangan perbukitan langsung terlihat di sisi kiri dan kanan jalan. Sangat indah, jalanan yang kita lewati adalah jalanan yang membelah bukit Polosiri.

Tidak hanya itu, di tengah bentangan bukit-bukit, kita juga dapat melihat pemandangan di atas Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter, yaitu berupa kebun kopi, sungai, hingga Stasiun Tuntang.

undefined
Foto: Kementerian PUPR

Gunung Merbabu yang indah

Di akhir perjalanan melewati tol Bawen-Salatiga ini, ditutup dengan pemandangan langsung Gunung Merbabu. Untuk dapat melihat pemandangan yang indah ini, kita disarankan untuk melewati jalan tol di pagi harinya. Karena di atas pukul 10.00 WIB, Gunung Merbabu sudah mulai dututupi awan.

Pemandangan Gunung Merbabu ini menjadikan gerbang tol Salatiga menjadi salah satu yang terindah di dunia, hampir sama dengan pemandangan jalan tol yang ada di Swiss.

undefined
Pemandangan tol Swiss (Foto: wikipedia.com)

Jangan berhenti di tengah jalan untuk berfoto, ya!

Meski kita sangat ingin mengabadikan momen serta pemandangan indah yang terlihat di sepanjang jalan tol ini, sebaiknya kita jangan menghentikan kendaraan untuk berfoto ya. Karena itu dapat membahayakan kita maupun kendaraan lain yang sedang melintasi jalan ini.

Akses gratis jalan tol baru

Jalan tol Bawen-salatiga akan digratiskan mulai H-10 hingga H+10 lebaran, lo, teman-teman. Selain itu, meski baru saja dibuka, di kilometer 49 kita sudah bisa menemukan rest area bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak.

undefined
Indahnya pemandangan di sepanjang jalan tol Bawen-Salatiga (Foto: Kementerian PUPR)

Perjalanan mudik Semarang-Solo tahun ini mungkin akan terasa beda dan menyenangkan, hayo jangan sampai ketiduran di mobil, ada banyak pemandangan indah di sepanjang jalan, lo! Hehe

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Hanna Vivaldi

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Maguette, Si Putri Pemarah

12 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Ditukar dengan Singkong

15 jam yang lalu

Cerita

Pisang Lompat Tali

18 jam yang lalu

Cerita

Pohon Topi

16 jam yang lalu

Cerita

Dibayar dengan Senyum

8 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×