Papakolea, Pantai Unik Berpasir Hijau. Kok Bisa?

  • Senin, 17 Juli 2017 18:19 WIB

Pantai Papakole | Unik! Pantai ini pasirnya hijau lo! Foto: travelandleisure.com

Pantai berpasir putih sudah sering kita jumpai. Bagaimana dengan pantai yang pasirnya berwarna hijau? Ternyata ada lo di Hawaii, pantai yang pasirnya hijau. Kok bisa ya?

Pantai berpasir putih, ada. Pantai berpasir hitam, juga ada. Di Hawaii, ada pantai unik berpasir hijau. Pantai ini bernama Papakolea. Pantai Papakolea terletak di wilayah Ka’u,Kepulauan Hawaii. Pasir di pantai ini terlihat hijau seperti batu zamrud sehingga menarik banyak wisatawan. 

Kok bisa pasirnya hijau?

Dari mana sih asal pasir hijau Pantai Papakolea? Ternyata asalnya dari Gunung Mahana. Gunung Mahana meletus sekitar 49 ribu tahun yang lalu. Saat itu, Gunung Mahana menyemburkan abu vulkanik yang berwarna hijau. Abu vulkanik tersebut tersebar di sepanjang Pantai Papakolea. Jadilah pantai berpasir hijau.

undefined
Sumber foto: geologyin.com

Sekarang pertanyaannya adalah mengapa abu vulkanik Gunung Mahana berwarna hijau? Hal ini disebabkan oleh kandungan Kristal Olivine. Kristal Olivine tersebut pecah dan bercampur dengan pasir di Pantai Papakolea. Masyarakat di sana menyebut Kristal Olivine sebagai berlian Hawaii. Keindahan Pantai Papakolea juga disebut berlian Hawaii.

Sulit dicapai

Tempat yang disebut Pantai Hijau ini sayangnya sulit dicapai. Sebabnya, pantai ini terletak di balik tebing. Para wisatawan yang ingin datang ke pantai ini harus mendaki tebing terlebih dahulu. Mereka tidak perlu khawatir akan tergelincir karena tebingnya dalam keadaan kering. Walaupun sulit dicapai, semuanya akan terbayar saat melihat keindahan Pantai Papakolea yang hijau. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian!

Reporter : Aisha Safira
Editor : KUSSUSANI

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×