Sungai Biru di Tengah Jurang Hokitika

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 12:50 WIB

Sungai Biru di Tengah Jurang Hokitika | Creative Commons

Di antara jurang dan rimbunan pepohonan, terdapat sungai biru mengalir dengan indah. Konon, di mulut sungai ini terdapat pertambangan emas, lo.

Sungai Berpasir

Sungai biru ini ada di antara Hokitika Gorge atau jurang Hokitika. Letaknya ada di Selandia Baru. Di sekelilingnya, terdapat tumbuh-tumbuhan yang asri dan berbagai batuan granit yang indah.

Jika mau berkunjung ke sini, sebaiknya jangan datang setelah hujan deras, karena air biru jernih ini bisa berubah abu-abu keruh. Itu karena terdapat pasir di dasar sungai. Ketika hujan deras, pasir dan lumpur yang ada di dasar sungai naik ke atas. Waktu yang tepat berkunjung ke sini adalah saat musim dingin, karena air sungai akan lebih tenang.

Mulai Terkenal

Sebelumnya, tidak banyak yang mengetahui keindahan alam Hokitika. Sejak dibangun jalan tol pada tahun 1965, Hokitika mulai dikenal. Sejak saat itu, banyak turis yang datang untuk menjelajahi alam Hokitika dan akhirnya menemukan sungai biru ini serta keindahan alam lainnya.

Dari Penambang jadi Petani

Selain indah, sungai biru ini dulunya sering didatangi penambang emas. Pada tahun 1864, sekelompok pendatang menemukan emas di sekitar Taramakau. Nah, mulut sungai Hokitika berada dekat dengan tempat ditemukannya emas itu. Sejak saat itulah, para penambang emas berdatangan ke Hokitika dan mendirikan pemukiman.  

Beberapa waktu kemudian, emas yang dihasilkan mulai sedikit. Penduduknya mulai meninggalkan tambang emas dan beralih menjadi petani.

undefined
Jika ingin melihat sungai biru ini lebih dekat, ada jembatan layang khusus yang disediakan untuk para turis. | Creative Commons.

Siapa yang mau main ke sini?

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cerita

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

Cerita

Siluman Sungai dan Jembatan

11 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Terlambat

1 jam yang lalu

Cerita

Keri Kelinci Penakut

12 jam yang lalu

Cerita

Mencari Serangga

14 jam yang lalu

MOST READ

Piano Dalam Api

3 hari yang lalu

Selembar Komik untuk Kiria

1 hari yang lalu

IQ Rendah Tidak Masalah

3 hari yang lalu

Tong Gendut

19 jam yang lalu

Cergam Bobo: Komedi Putar

1 hari yang lalu

Pertengkaran Dua Kakek

22 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×