Tips Memilih Jajanan Sehat ala detektif Cilik

  • Rabu, 13 September 2017 15:16 WIB

Tips Memilih Jajanan Sehat ala detektif Cilik | Ode

Saat ini, banyak jajanan yang mengkhawatirkan. Maksudnya, banyak jajanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti boraks dan pewarna pakaian. Tapi kamu jangan khawatir, detektif cilik punya beberapa tips memilih jajanan sehat, nih!

Jajanan Sehat itu Bebas Kuman

Jajanan sehat itu bebas kuman. Jajanan yang bebas kuman itu memiliki ciri-ciri seperti ini:

  1. Makanannya tidak basi. Makanan yang sudah basi biasanya berbau asam atau busuk, berlendir, berubah warna, dan rasanya aneh.
  2. Kemasannya tidak rusak, penyok, atau berlubang.
  3. Kemasan yang digunakan adalah kemasan khusus makanan, bukan kertas bekas. Kalau penjual makanan itu tidak menyediakan kemasan khusus makanan, kamu bisa membawa wadah sendiri. Biar aman!
  4. Makanan dan minuman tertentu harus disimpan di suhu tertentu. Jadi, selalu pilih makanan yang disimpan pada tempatnya. Misalnya: yoghurt harus disimpan di dalam lemari pendingin. Jadi, saat akan membeli yoghurt, ambillah yoghurt yang disimpan di dalam lemari pendingin.

Jajanan Sehat itu Bersih

Jajanan sehat itu dijual di tempat yang bersih. Jadi, selalu beli jajanan di tempat yang tidak ada sampah berserakan di sekitar jajanan. O iya, jajanan yang bersih itu tidak dihinggapi serangga dan disimpan di tempat yang bersih dan tertutup dari debu.

Jajanan yang bersih biasanya diambil menggunakan sendok atau alat khusus, bukan menggunakan tangan. Satu lagi, alat-alat yang digunakan juga bersih dan dicuci menggunakan air yang mengalir.

Jajanan Sehat itu Bebas Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa penjual yang tidak bertanggung jawab biasanya menggunakan bahan kimia berbahaya untuk mengawetkan/mewarnai jajanan. Padahal, penggunaan bahan kimia berbahaya bisa merusak organ tubuh kita, lo. Agar terhindar dari jajanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, perhatikan ciri-ciri di bawah ini!

  1. Jajanan yang mengandung boraks biasanya terasa kenyal, renyah, dan tidak mudah rusak. Jika kita menemukan jajanan mentah yang kenyal dan tidak mudah rusak, kita harus hati-hati.
  2. Jajanan yang mengandung formalin biasanya mengilat, tidak lengket, dan berbau menyengat. Selain itu, jajanannya juga lebih tahan lama.
  3. Jajanan yang mengandung pewarna sintetis biasanya berwarna mencolok dan beragam.

Jajanan Sehat itu Bebas Benda Asing

Satu lagi teman-teman! Jajanan sehat itu harus bebas dari benda asing, seperti kerikil batu, pecahan kaca, rambut, staples, dan sebagainya. Jadi, selalu perhatikan jajanan yang akan kita beli!

O iya, sebelum mengonsumsi jajanan yang kita beli, jangan lupa cuci tangan. Setelah itu, kemasan bekas jajanannya jangan lupa dibuang ke tempat sampah, ya!

Teks: Lita/Willa, Ilustrasi: Ode

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

2 jam yang lalu

Ketika Dihukum Mama

21 menit yang lalu

Ketika Pompa Air Rusak

24 jam yang lalu

Hadiah Ulang Tahun

2 hari yang lalu

Pesta Kurcaci Mimpi

3 hari yang lalu

Marvo si Pesulap

1 hari yang lalu

Pelangi Nona Smith

3 hari yang lalu

MUST READ

Ketika Dihukum Mama

21 menit yang lalu

Putri Berambut Kaca

2 jam yang lalu

Raksasa Api

6 jam yang lalu

Misteri Daun Tiga Warna

21 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×