Tips Mengolah Informasi dari Internet

  • Rabu, 13 September 2017 16:46 WIB

Yuk, jadi pengguna internet yang pintar! | Ode / Majalah Bobo

Informasi tersebar luas di dalam internet. Dari internet, kita bisa banyak dapat pengetahuan dan jawaban dari tugas-tugas sekolah. Sayangnya, tidak semua informasi di internet itu bisa dibilang benar. Kita perlu mengolah informasi dari Internet sebelum mempercayai dan menyebarkannya. Ini dia tipsnya.

Dari Website Resmi

Semua orang bisa menulis apapun di internet. Termasuk informasi yang belum tentu benar. Nah, karena itu, jika kita ingin mencari informasi, sebaiknya carilah di website resmi atau website yang dikelola pemerintah. Orang-orang yang menulis di website resmi itu biasanya sudah berpengalaman.  Website yang dikelola pemerintah biasanya berakhiran -.go.id. Contoh: www.jakarta.go.id

Periksa Lagi ke Sumber Lain

Di internet biasanya kita banyak menemukan blog-blog pribadi, seperti yang berakhiran blogspot.co.id atau wordpress.com. Siapa pun bisa membuat blog sendiri. Karena mudah dibuat, kadang-kadang ada juga orang yang menulis asal-asalan di blognya. Tapi, bukan berarti semua blog pribadi itu tidak benar. Hanya saja, kita perlu memeriksa ulang. Begitu pun dengan media sosial. Karena itu, sebaiknya kita cari informasi yang sama ke sumber lainnya sebagai perbandingan.

Membagikannya di Media Sosial

Di internet, kita juga bisa mendapat berita yang sedang terjadi di sekitar kita. Banyak orang baik yang ingin menyebarkan berita di media sosial, tapi sayangnya ada juga yang menyebarkan berita yang tidak benar, baik sengaja maupun tidak sengaja. Nah, agar kita tidak menyebarkan berita yang salah, kita perlu memeriksa kembali kebenarannya sebelum disebar di media sosial. Jika beritanya benar dan berguna, baru disebarkan. Jika kita ragu, sebaiknya tidak usah disebarkan.

Itu dia tips mengolah informasi dari internet. Yuk, jadi pengguna internet yang pintar!

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×