Menggerakkan Kaleng Minuman dengan Balon

  • Jumat, 2 Juni 2017 13:45 WIB

1

Menggerakkan mobil-mobilan dengan remote control adalah hal yang biasa. Kalau menggerakkan kaleng dengan balon? Nah, ini baru luar biasa. Yuk, kita coba sambil ngabuburit!

1
Kita Perlu:
- Kaleng minuman yang sudah kosong
- Balon
- Rambut kita
- Talenan atau papan kayu

 

Ini Cara kerjanya:

 

1
Letakkan kaleng minuman dengan posisi tertidur di tempat yang datar. Tahan dengan tangan agar kaleng itu tidak bergerak.
 
1
Ambil balon lalu gosok-gosokkan satu sisi balon itu ke rambut kita. Kira-kira 5 - 8 kali.
1
Dekatkan sisi balon yang sudah di gosok itu ke kaleng. Jaraknya kira-kira1 – 2 cm dari kaleng. Lalu tarik mundur kaleng secara perlahan-lahan.  Lihatlah! Kaleng mulai menggelinding mengikuti balon.
1
Sekarang kita coba melakukannya di tempat yang menanjak. Mampukah balon menggerakkan kaleng ke tempat yang lebih tinggi? Wow! Bisa! Mengapa ya?
 

Ini Rahasianya!

Setiap benda mengandung muatan listrik. Muatan listrik ada yang positif dan ada yang negatif. Kalau sebuah benda mempunyai jumlah muatan positif dan negatif yang sama, maka benda itu menjadi netral. Muatan listrik dapat dipindahkan dengan menggosokkan dua buah benda. Dengan menggosokkan balon ke rambut, muatan listrik negatif dari rambut pindah ke balon.

Ketika kita mendekatkan balon itu ke kaleng minuman, balon berusaha menarik muatan listrik positif dari kaleng, supaya muatan listriknya netral.  Karena muatan listriknya ditarik oleh balon, makan kaleng jadi bergerak mengikuti balon,

Teks: aan

Foto: RNA

Reporter : AAN
Editor : AAN

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×