Debu-Debu Antariksa, dari Mana Asalnya?

  • Senin, 17 April 2017 17:26 WIB

Debu-Debu Antariksa. (foto : NASA, ESA, STScl)

Ruang angkasa, ternyata, sangat berdebu. Haduh, astronaut mungkin harus membawa alat pembersih debu, ya, kalau ke ruang angkasa. Ups, debu-debu antariksa tidak sama, lo, dengan debu-debu di Bumi.

Partikel-partikel Kecil

Debu-debu antariksa adalah partikel-partikel kecil yang padat. Partikel-partikel itu  mengapung di antariksa, di antara bintang-bintang.

Berbeda dari debu di Bumi

Apakah debu-debu antariksa sama seperti debu-debu di Bumi? Debu-debu antariksa itu mirip asap yang terdiri atas partikel-partikel kecil. Ukuran partikelnya berbeda-beda. Ada yang sekecil molekul. Ada pula yang berupa butiran dengan ukuran sekitar 0,1 mm.

Dari bintang, untuk bintang  

Debu-debu antariksa berasal dari bintang-bintang. Ketika bintang meledak, debu-debu terlempar. Debu-debu itu lalu didaur ulang di dalam awan-awan gas dan mengapung di antara bintang-bintang.

Nah, ketika bintang-bintang baru akan terbentuk, debu-debu itu diserap oleh bintang-bintang baru itu. Jadi, debu-debu antariksa ikut membentuk lahirnya bintang-bintang baru. Eh, tahu enggak, Bumi juga awalnya terbentuk dari debu-debu antariksa, lo!  

Menghalangi benda-benda antariksa

Dulu, para ahli astronomi kesulitan meneliti benda-benda antariksa karena terhalang debu-debu antariksa. Ya, debu-debu antariksa menyerap cahaya yang dipancarkan benda-benda antariksa. Akibatnya, benda-benda antariksa jadi tidak terlihat. Ruang angkasa pun jadi tampak gelap gulita.

Reporter : Lita Maha
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Calon Ratu Peri Bunga

12 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Nasihat Iko

15 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Menjadi Bi Iyah

18 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bona: Telur Maleo

11 jam yang lalu

MOST READ

Misteri Raja Kucing

2 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

2 hari yang lalu

Calon Ratu Peri Bunga

12 jam yang lalu

Yang Terbaik

3 hari yang lalu

Cergam Bobo: Lempar Cherry

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×