Galaksi Arp 188, Bentuknya Mirip Kecebong

  • Selasa, 13 Februari 2018 10:10 WIB

Galaksi Arp 188, bentuknya mirip kecebong | NASA/ESA

Bobo.id – Galaksi ini memiliki ekor. Sekilas bentuknya mirip kecebong. Galaksi bernama Arp 188 ini kemudian lebih dikenal sebagai Galaksi Kecebong atau Tadpole Galaxy.

Galaksi Berekor Panjang

Galaksi yang terletak di Rasi Draco ini berada di belahan langit utara Bumi. Galaksi  Arp 188 ini terlihat berkepala bulat, dan memiliki ekor yang panjang. Galaksi ini letaknya sekitar 420 juta tahun cahaya dari Bumi. Ekornya yang panjang itu juga terdiri dari bintang-bintang berwarna biru. Berbeda dengan bintang-bintang di bagian kepala yang berwarna kuning kemerahan.

Tabrakan Galaksi

Galaksi berbentuk mirip kecebong ini sebenarnya terdiri dari 2 galaksi yang bertabrakan. Peristiwa galaksi yang bertabrakan atau bergabung cukup sering terjadi di alam semesta.

Pada galaksi berbentuk kecebong ini, bagian kepala dan ekor adalah 2 galaksi yang berbeda. Galaksi “kepala” adalah galaksi spiral yang ukurannya lebih besar. Galaksi “ekor” ukurannya lebih kecil.

Tidak Selamanya Mirip Kecebong

Gaya gravitasi galaksi yang lebih besar menarik galaksi yang lebih kecil sehingga membentuk garis seperti ekor. Galaksi ini diameternya sekitar 390.000 tahun cahaya. Sementara ekornya sepanjang 180.000 tahun cahaya. Bentuk galaksi ini tidak selamanya mirip kecebong, lo. Bagian “ekor” lama-lama akan bergerak mengitari galaksi “kepala”.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Dongeng Putri Tikus

22 jam yang lalu

Cerita

Cat Kuku

21 jam yang lalu

Cerita

Iko, Hihaa!!

16 jam yang lalu

Cerita

Dibayar dengan Senyum

18 jam yang lalu

Cerita

Pipit Temanku

7 menit yang lalu

Cerita

MOST READ

Jadiiā€¦ Itu Mamanya

3 hari yang lalu

Dongeng Putri Tikus

22 jam yang lalu

Masakan Chef Misterius

2 hari yang lalu

Cat Kuku

21 jam yang lalu

Kuningan

24 jam yang lalu

Mak Yun

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×