Gunung di Mars Mati Bersama Dinosaurus

  • Minggu, 27 Agustus 2017 14:38 WIB

Kaldera Gunung Berapi Arsia Mons di Planet Mars. (foto : NASA/JPL/USGS)

Di Planet Mars, ada sebuah wilayah yang disebut Tharsis. Dulu, di wilayah Tharsis,  berdiri tiga gunung berapi yang berjejer berdampingan. Salah satu gunung berapi itu adalah Gunung Arsia Mons yang mati bersama dinosaurus. Maksudnya?

Arsia Mons bersama dua gunung lainnya di wilayah Tharsis disebut kelompok gunung berapi Tharsis Montes. Arsia Mons adalah gunung paling selatan di Tharsis Montes.

Gunung berapi Arsia Mons ini pernah aktif sekitar 150 juta tahun yang lalu. Ketika itu, Bumi sedang mengalami zaman Jurassic.

Menurut para peneliti, lahar terakhir yang keluar dari Gunung Arsia Mons diperkirakan mengalir sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Sekitar 50 juta tahun yang lalu, Gunung Arsia Mons diperkirakan mati. Nah, para ahli menduga, waktu kematiannya itu bersamaan atau berdekatan dengan waktu punahnya dinosaurus di Bumi. Ingat, kan dinosaurus mulai punah pada zaman Cretaceous, sekitar 66 juta tahun lalu?

Ketika puncaknya meletus, Gunung Arsia Mons meninggalkan kaldera atau kawah yang berdiameter sekitar 110 km. Hmm, mungkin, Danau Toba cukup dimasukkan di kaldera Arsia Mons.   

Unik juga fakta Arsia Mons, ya. Yuk, cari tahu lagi lebih lanjut tentang gunung-gunung berapi lainnya di Planet Mars! 

Sumber data : Earth and Planetary Science Letters

Reporter : Lita Maha
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

3 hari yang lalu

Adikku Manis

3 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

2 hari yang lalu

Misteri Surat Perpisahan

1 hari yang lalu

Eiffel yang Hilang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×