Matahari Dipotret dari ALMA

  • Rabu, 19 Juli 2017 10:15 WIB

Bintik Matahari dipotret dari fasilitas astronomi ALMA | almaobservatory.org

Matahari selalu menjadi bagian kehidupan makhluk hidup di Bumi. Walaupun dapat merasakan sinarnya, manusia tidak dapat melihat Matahari dengan jelas. Sinarnya yang terang dapat merusak penglihatan kita. Matahari yang super terang itu harus dipotret dengan alat yang canggih. Nah, permukaan Matahari berhasil dipotret dari ALMA.

Baca juga: Matahari, Pusat Tata Surya

Antena yang didesain khusus

ALMA adalah singkatan dari The Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), fasilitas astronomi terbesar di dunia. Dari tempat ini, para ilmuwan dapat meneliti benda-benda langit, termasuk Matahari. Perlu antena yang didesain khusus untuk meneliti Matahari. Sebagai bintang yang paling dekat dengan planet kita, sinar Matahari sangat kuat jika dibandingkan dengan benda langit lain yang jaraknya sangat jauh. Benda-benda langit lainnya yang diteliti dari ALMA jaraknya sangat jauh, bahkan ada yang sampai jutaan tahun cahaya.

Baca juga: ALMA, Fasilitas Astronomi Terbesar di Dunia

Perlu waktu berbulan-bulan

Pemotretan Matahari ini memerlukan waktu berbulan-bulan. Dr. Tim Bastian, seorang astronom yang bertugas di ALMA mengatakan Matahari memiliki cahaya yang miliaran kali lebih terang daripada benda samar yang biasanya dilihat dari ALMA. Untuk memahami Matahari, perlu pengamatan di seluruh bagiannya pada waktu-waktu tertentu. Pengamatan ini dapat dilakukan dari Bumi melalui fasilitas ALMA. Pemotretan Matahari yang diawali pada tahun 2014, baru berakhir pada awal tahun 2017 ini.

Sumber : sci-news.com

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×