Sebuah Asteriod Besar Akan Melintasi Bumi Lo!

  • Senin, 17 April 2017 19:05 WIB

Asteroid 2014 JO25 akan melintas dekat Bumi lo! Foto: nasa.gov

Menurut NASA, akan ada asteroid besar yang melintasi Bumi. Seberapa besar ya asteroid ini dan kapan ia akan melintasi Bumi?

Perjumpaan terdekat Bumi dengan asteroid

Menurut NASA, pada 19 April 2017 mendatang akan ada sebauh asteroid besar yang melintas dekat Bumi. Asteroid ini bernama 2014 JO25. Asteroid tersebut akan melewati Bumi dengan jarak sekitar 1,8 juta kilometer. Jarak ini setara dengan 4.6 kali jarak Bumi ke Bulan.

Apakah asteroid ini akan menabrak Bumi? Tenang saja karena asteroid ini tidak akan menabrak Bumi. Tetapi ini akan menjadi perjumpaan Bumi dan asteroid dengan jarak terdekat.

Terakhir kali ada asteroid yang melintas dekat dengan Bumi adalah pada September 2014. Asteroid yang melintas adalah Toutatis dengan jarak empat kali jarak Bumi ke Bulan.

jarak asteroid dengan bumi
Ilustrasi asteroid, bumi, dan bulan. Foto: nasa.gov

Bagaimana cara melihatnya?

Asteroid 2014 JO25 akan datang dari arah Matahari. Asteroid ini dapat dilihat di malam hari dengan teleskop kecil. Asteroid nisa terlihat karena memantulkan sinar. Ia bisa dilihat satu sampai dua hari setelah 19 April 2017. Kalau lebih dari itu, asteroid ini ridak akan bisa dilihat lagi karena sudah menjauh dari Bumi.

Sejarah Asteroid 2014 JO25

Asteroid 2014 JO25 pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan di Catalina Sky Survey, Arizona, Amerika Serikat. Asteroid ini lalu diukur dengan peralatan khusus. Hasilnya, diketahui kalau ukuran asteroid ini adalah 2.000 kaki atau sekitar 609 meter. Jika dibandingkan dengan Bulan, asteroid ini berukuran dua kalinya.

Pada pelintasan kali ini, para astronom akan berusaha mempelajari asteroid ini lebih dalam. Mereka akan mengamati Asteroid 2014 JO25 dengan teleskop di seluruh dunia. Wah, berapa banyak ya teleskop ya yang digunakan dalam penelitian ini?

Reporter : Aisha Safira
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×