Suara-Suara Ruang Angkasa

  • Minggu, 13 Agustus 2017 12:05 WIB

Suara-suara ruang angkasa. (foto : NASA, ESA)

Sssttt… Ruang angkasa yang tampak sunyi senyap itu diam-diam bersuara!

Suara Benda Ruang Angkasa  

Suara-suara benda-benda ruang angkasa adalah bunyi-bunyian yang tidak beraturan. Ada yang mirip bunyi kresek-kresek di radio atau teve saat tidak ada siaran. Ada pula yang berdecit-decit bagai bunyi serangga di malam hari. Ada juga yang serupa dengan bunyi pesawat lepas landas.   

Bukan Gelombang Suara

Bunyi benda ruang angkasa tidak dihasilkan dari gelombang suara. Kenapa? Gelombang suara membutuhkan penghantar berupa zat padat, gas, atau cair. Di ruang angkasa yang hampa udara, zat-zat itu tidak ada. Jadi, di ruang angkasa tidak ada gelombang suara.    

Gelombang Radio

Nah, bunyi benda ruang angkasa berasal dari gelombang radio. Gelombang ini dapat dipancarkan di ruang angkasa karena tidak membutuhkan penghantar. Gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik terpanjang. Gelombang elektromagnetik juga terdiri dari gelombang mikro, infra merah, optik, sinar X, dan sinar gamma.  

Misi Ruang Angkasa

Bagaimana suara-suara ruang angkasa itu bisa didengar manusia? Badan-badan ruang angkasa, misalnya NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan ESA (European Space Agency), melakukan misi-misi wahana ruang angkasa. Nah, misi-misi itu berhasil menangkap gelombang radio yang dipancarkan benda ruang angkasa. 

Awalnya,  gelombang radio dari benda ruang angkasa berbentuk data-data. Lalu, data-data itu diolah menjadi bunyi. Bunyi itu bermanfaat untuk mempelajari benda ruang angkasa, misalnya medan magnetnya.

Reporter : Lita Maha
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

1 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

3 hari yang lalu

Bintang Pensi

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

3 hari yang lalu

Bekal Makan Siang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×