Anggrek Bulan Bunga Pesona Indonesia

  • Senin, 12 Februari 2018 14:45 WIB

Anggrek bulan, puspa pesona Indonesia | Sylvana Toemon

Bobo.id - Anggrek bulan dipilih sebagai bunga pesona Indonesia. Dari sekian banyak bunga yang tumbuh di tanah air kita, mengapa bunga yang ini yang dipilih sebagai puspa pesona? Yuk, kita cari tahu.

Bentuk Kupu-Kupu

Pada tahun 1825, seorang ahli botani bernama Blume dari Belanda melihat bunga ini di hutan. Ia mengira melihat sekawanan kupu-kupu yang hinggap di ranting. Itu sebabnya bunga-bunga anggrek jenis ini digolongkan dalam genus Phalaenopsis. Nama Phalaenopsis berasal dari bahasa Yunani. Phalaenos artinya kupu-kupu atau ngengat. Opsis artinya bentuk.

Dapat Tumbuh di Seluruh Indonesia

Anggrek bernama ilmiah Phalaenopsis amabilis ini sudah dikenal oleh Bangsa Indonesia sejak lama. Anggrek ini bahkan dijadikan lambang Organisasi Perhimpunan Anggrek Indonesia. Bunga anggrek berwarna putih lembut ini awalnya tumbuh di Maluku. Sekarang anggrek ini dapat tumbuh di hampir seluruh kepulauan Indonesia.

Sering Berbunga

Anggrek bulan termasuk anggrek yang sering berbunga. Apabila dipelihara dengan baik, anggrek bulan dapat berbunga sebanyak 2 sampai 3 kali setiap tahunnya. Anggrek ini dapat tumbuh baik di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik. Bunga anggrek yang menawan ini juga dapat dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Hasil Persilangan

Saat ini ada banyak anggrek bulan hasil persilangan, sehingga warnanya tidak hanya putih saja. Ada yang ungu, kuning, dan merah muda. Keindahan bunga ini membuat banyak orang menjadi terpesona. Anggrek ini ditetapkan menjadi puspa pesona Indonesia pada tahun 1993.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Dongeng Putri Tikus

22 jam yang lalu

Cerita

Cat Kuku

21 jam yang lalu

Cerita

Iko, Hihaa!!

16 jam yang lalu

Cerita

Dibayar dengan Senyum

18 jam yang lalu

Cerita

Pipit Temanku

8 menit yang lalu

Cerita

MOST READ

Jadiiā€¦ Itu Mamanya

3 hari yang lalu

Dongeng Putri Tikus

22 jam yang lalu

Masakan Chef Misterius

2 hari yang lalu

Cat Kuku

21 jam yang lalu

Kuningan

24 jam yang lalu

Mak Yun

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×