Apakah Kaki Seribu Berkaki 1.000?

  • Kamis, 12 Oktober 2017 15:51 WIB

Apakah Kaki Seribu Berkaki 1.000? | pixabay.com - Marc Pascual

Teman-teman pasti sudah tahu dengan serangga bernama kaki seribu. Kira-kira… kaki mereka benar-benar berjumlah seribu atau tidak, ya? Selain itu, adakah fakta lain yang berhubungan dengan kaki seribu? Kita cari tahu, yuk!

Ratusan Pasang

Kaki seribu masuk ke dalam miriapoda (serangga berkaki banyak). Untuk mencapai 1000 kaki, kaki seribu harus punya 500 pasang kaki. Namun, pada kenyataannya, kaki seribu hanya punya 200 pasang kaki. Jadi, jumlah kaki mereka hanya 400 buah, tidak sampai 1000 buah.

O iya, Teman-teman, kaki seribu memiliki tubuh yang beruas-ruas. Setiap ruas tubuhnya dilengkapi dengan dua pasang kaki. Selain digunakan untuk berjalan, kaki seribu menggunakan kakinya untuk menggali tanah saat mencari makan.

Kaki Seribu Bukan Kelabang

Kaki seribu dan kelabang sama-sama memiliki banyak kaki, tapi ada dua perbedaan besar antara kedua serangga itu.

undefined
Kelabang berbeda dengan kaki seribu.

Pertama – kaki kelabang lebih panjang dan jumlahnya tidak sebanyak kaki seribu. Karena perbedaan bentuk kaki, cara berjalan kedua serangga inipun berbeda. Saat berjalan, kelabang akan meliuk-liukan tubuhnya, mirip dengan ular. Kalau kaki seribu jalannya lurus (tidak meliuk-liukan tubuhnya). O iya, kelabang berjalan lebih cepat, daripada kaki seribu.

Kedua – kelabang suka makan serangga, cacing, katak, bahkan tikus. Kalau kaki seribu, biasanya makan tumbuhan.

Kotak Fakta:

Saat terancam, kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya dan mengeluarkan bau yang menyengat. Bau itu akan membuat pemangsa pergi dan tidak ingin memangsanya.

Kaki seribu suka membantu menguraikan daun yang ada di atas tanah. Berkat kegiatannya itu, tanah di sekitarnya jadi lebih subur.

Kaki seribu tidak bisa menghemat air yang ada di dalam tubunya. Supaya air di dalam tubuhnya tidak cepat kering, ia akan tinggal di tempat yang gelap dan lembap. O iya, mereka biasanya keluar di malam hari. Jika memaksakan diri untuk keluar di siang hari, air di dalam tubuhnya akan cepat habis. Jika sudah begitu, kaki seribu bisa mati kekeringan.

Foto: pixabay.com

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Calon Ratu Peri Bunga

12 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Nasihat Iko

15 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Menjadi Bi Iyah

18 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bona: Telur Maleo

11 jam yang lalu

MOST READ

Misteri Raja Kucing

2 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

2 hari yang lalu

Calon Ratu Peri Bunga

12 jam yang lalu

Yang Terbaik

3 hari yang lalu

Cergam Bobo: Lempar Cherry

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×