Bagaimana Menyembuhkan Flu Pada Kucing?

  • Kamis, 7 Desember 2017 14:35 WIB

Ini dia tips merawat kucing yang sedang sakit. | Pixabay

Seperti pilek pada manusia, infeksi virus flu pada kucing tidak ada obatnya. Yang bisa diberikan hanya membantu pertahanan tubuh melawan flu, sambil memberikan bantuan sementara. Tahukah teman-teman apa sajakah itu? Ini dia jawabannya.

Selalu Bersih

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kotoran dari hidung dan mata sesering mungkin. Bisa menggunakan kain lembut yang lembap, katun, atau kertas tisu. Usahakan mata dan hidung kucing selalu bersih, ya.

Makan dan Minum

Pastikan kucing teman-teman makan dengan baik dan banyak minum air, ya. Kalau perlu, bujuk dia supaya mau makan. Makanan dan air untuk kucing yang sedang terserang flu, paling baik disajikan dalam kondisi hangat.

Periksa Dokter

Dokter hewan biasanya akan mendiagnosis infeksi melalui pemeriksaan fisik sederhana dan mengobatinya dengan antibiotik melalui mulut atau disuntik. Dokter hewan mungkin menggunakan alat penguap untuk membantu melonggarkan pernapasan kucing. Dokter juga bisa memberikan suntikan vaksin untuk membantu melawan flu. Yang terakhir biasanya lebih efektif. Nah, kalau dirasa infeksi itu parah, dokter bisa jadi akan melakukan tes darah dan sinar X.

Rawat Inap

Kalau kucing kita sampai mengalami dehidrasi, dokter akan menyarankan untuk dirawat inap. Selain menyuntikkan obat, makanan ringan dan vitamin B juga bisa digunakan untuk memperbaiki nafsu makan kucing kita. Dalam beberapa kasus, bisa jadi dokter memberikan oksigen tambahan.

Reporter : Lila
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Cerita

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Cerita

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

Cerita

Yang Terbaik

22 jam yang lalu

Cerita

Cergam Bobo: Berenang

3 jam yang lalu

Cerita

Satu Arah dan Dua Arah

8 menit yang lalu

MOST READ

Wow, Rapinya!

2 hari yang lalu

Menjaga Adik

3 hari yang lalu

Misteri Raja Kucing

13 jam yang lalu

Misteri PR Matematika

21 jam yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

3 hari yang lalu

Pengamen Itu Neneknya Ira

16 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×