Berbagai Manfaat Cendana

  • Selasa, 14 November 2017 18:21 WIB

Cendana yang kaya manfaat | Putri Puspita

Cendana, tumbuhan khas Indonesia yang terkenal dengan kayunya yang wangi. Ternyata bukan hanya itu, hampir semua bagian tumbuhan ini dapat memberikan manfaat. Apa saja itu?

Kayu Cendana

Kayu cendana sangat terkenal karena wanginya yang khas dan tahan lama. Kayu ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat berbagai perabotan rumah, terutama bagi rumah yang memiliki konsep rumah kuno.

Selain itu, kayu cendana juga digunakan sebagai bahan baku parfum dan berbagai kerajinan tangan.

Kulit kayu cendana juga memilki manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan disentri dan peradangan. Biasanya cendana diolah untuk menghasilkan minyak cendana yang sejak lama digunakan sebagai bahan membuat obat-obatan tradisional.

Buah Cendana

Buah cendana berbentuk bulat, awalnya berwarna hijau kemudian berubah menjadi merah. Tidak banyak orang yang tahu manfaat buah cendana, mungkin karena sudah terpesona dengan kayunya. Padahal buah cendana memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah cendana mengandung zat antiseptik yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Zat di dalam buah cendana juga bisa membuat otak dan tubuh menjadi rileks dan tenang. Bukan hanya itu, buah cendana juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti mencegah jerawat dan noda hitam.

 

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Reporter : Putri Puspita
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×