Berkenalan dengan Keluarga Babi, Yuk!

  • Senin, 11 September 2017 14:05 WIB

Babi Sungai Merah | Creative Commons - Jason Pratt

Babi merupakan hewan yang memiliki bentuk hidung yang unik. Tubuh satu babi dengan babi lainnya juga tidak jauh berbeda. Supaya kamu tidak kebingungan, bagaimana kalau kita berkenalan dengan keluarga babi? Ayo, kita mulai perkenalannya!

Babi Sungai Merah

Babi sungai merah cukup unik. Ia punya bulu kemerahan, bercak putih di wajah, dan bulu putih di sepanjang punggungnya. Telinganya juga berumbai, sangat berbeda dengan telinga babi pada umumnya. Anak babi sungai merah sangat lucu, ia punya motif garis-garis berwarna hitam di punggungnya.

Babi Rusa

Babi rusa punya tubuh besar berwarna hitam dan empat buah taring di dekat mulutnya. Taring milik babirusa jantan bisa tumbuh panjang, sedangkan taring milik babirusa betina tidak. Taring itu berguna untuk melindungi mata babirusa dari rotan yang tajam. Babirusa biasanya makan buah-buahan, akar, jamur, dan hewan kecil.

undefined
Babirusa | nature.org

Babi Kutil

Sesuai dengan namanya, babi ini punya dua buah kutil di wajahnya. Taring miliknya tidak terlalu besar. Babi yang hidup di Ethiopia ini punya rambut yang tumbuh dari kepala hingga tubuh bagian belakangnya. Unik, ya!

undefined
Babi Kutil | Creative Commons

Babi Hutan

Babi hutan hidup di hutan Eropa, Asia Tengah, Amerika Utara, dan Afrika Utara. Babi hutan memiliki tubuh besar dan tinggi. Babi hutan juga punya taring yang digunakan untuk mencari makanan di dalam tanah. Saat merasa terancam, babi hutan akan berlari dengan cepat. O iya, babi hutan merupakan leluhur dari babi ternak, lo! Masyarakat Eropa dan Asia zaman dulu sudah memelihara babi hutan untuk dimakan. Petani di Mesopotamia, Timur Tengah juga sudah memelihara babi hutan sejak tahun 4000 sebelum masehi.

undefined
Babi Hutan | Creative Commons - Valentin Panzirsch

Babi Ternak

Kini, para petani tidak memelihara babi hutan lagi. Para petani sudah punya babi ternak yang bisa menghasilkan lebih banyak daging. Babi ternak yang dipelihara oleh petani ada bermacam-macam, misalnya:

  • Babi Berkshire, beratnya bisa mencapai 250kg. Tetapi, para petani menjualnya saat berat babi mencapai 100kg. Babi ternak yang satu ini biasanya berwarna hitam.
    undefined
    Babi Berkshire | Creative Commons
  • Babi Yorkshire, beratnya bisa mencapai 200 – 380kg. Babi yang berasal dari Yorkshire, Inggris ini punya moncong yang tidak terlalu panjang.
    undefined
    Babi Yorkshire | Creative Commons - David Merrett
  • Babi Landrace, beratnya bisa mencapai 320kg. Babi ternak yang satu ini berasal dari Denmark.
    undefined
    Babi Landrace | Creative Commons - Zeilog
  • Babi Hampshire, beratnya bisa mencapai 200 – 300kg. Babi ini berasal dari Kentucky, Amerika Serikat. Babi ini memiliki warna yang beragam, mulai dari putih, hitam, cokelat, hingga campuran hitam dan putih.
    undefined
    Babi Hampshire

Itulah keluarga besar babi yang Bobo ketahui. Jika kamu tahu keluarga babi yang lain, jangan lupa kenalkan dengan Bobo, ya, Teman-teman!

Foto: Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Asal Tahu Caranya

10 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Kalender Buatan Mia

15 jam yang lalu

Cerita

Gadis Bertopi Tong Kayu

8 jam yang lalu

MOST READ

Putri Berambut Kaca

3 hari yang lalu

Pencuri Mawar

3 hari yang lalu

Piano Dalam Api

2 hari yang lalu

Rahasia Nana dan Pak Win

1 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

1 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×