Bunga Rafflesia Paling Kecil di Dunia

  • Selasa, 9 Januari 2018 13:10 WIB

Rafflesia consueloae, rafflesia paling kecil di dunia. | Phytokeys /Edwino S. Fernando

Bobo.id - Rafflesia adalah tumbuhan parasit yang memiliki bunga super besar. Beberapa jenisnya ada yang dapat mencapai diameter 1 meter. Namun tidak semuanya berukuran raksasa, lo. Jenis rafflesia yang ini ukurannya kecil. Ini adalah bunga rafllesia paling kecil di dunia.

Rafflesia Kecil Beraroma Kelapa

Sekelompok tim peneliti di Pulau Luzon di Filipina menemukan bunga rafflesia jenis baru. Bunga ini ditemukan tanpa sengaja. Saat itu Profesor Perry S. Ong  tidak sengaja tersandung tumpukan daun-daun yang dikiranya sampah. Ternyata ia tersandung bunga berwarna merah ini. Bunga itu segera dapat dikenali sebagai bunga rafflesia. Namun, bunga dengan ukuran sekecil itu belum pernah ditemukan. Ukurannya tidak sampai 10 cm. Bunga ini juga tidak berbau busuk seperti kebanyakan bunga rafflesia. Aromanya mirip seperti buah kelapa. Bunga ini kemudian dinyatakan sebagai spesies baru pada tahun 2016 yang lalu.

Langka dan Harus Dilestarikan

Profesor Perry S. Ong  memberi nama bunga itu Rafflesia consueloae. Nama itu sebagai penghormatan kepada Consuelo ‘Connie’ Rufino Lopez, seorang penggemar tanaman yang terkenal di Filipina. Laporan penelitian itu dimuat dalam jurnal Phytokeys. Rafflesia kecil ini hanya tumbuh di Gunung  Balukbok dan Gunung Pantaburon di Pulau Luzon, Provinsi Nueva Ecija, Filipina. Kedua gunung ini jaraknya sekitar 2 kilometer. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa bunga rafflesia kecil ini termasuk tanaman langka yang harus dilestarikan.

Rafflesia consueloae adalah bunga rafflesia ke-6 yang ditemukan di Pulau Luzon. Jenis bunga rafflesia di Indonesia ada lebih banyak, lo.

 

Sumber: Phytokeys

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Cerita

Tumpeng untuk Nenek Sumirah

19 jam yang lalu

Cerita

Black Forest

11 jam yang lalu

Cerita

Kue Serabi Pembawa Berkah

17 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Bakwan Udang

16 jam yang lalu

MOST READ

IQ Rendah Tidak Masalah

1 hari yang lalu

Kain Lap yang Hilang

2 hari yang lalu

Sesudah Suatu Kegagalan

3 hari yang lalu

Naik Kereta Tebu Berhantu

2 hari yang lalu

Usahawan Cilik

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×