Burung Unta, Hewan yang Cepat dan Kuat

  • Jumat, 22 September 2017 12:22 WIB

Burung Unta Hidup Berkelompok | Creative Commons

Burung unta memang tidak bisa terbang, tetapi ia memiliki kekuatan dan kecepatan untuk mempertahankan diri dari predator (pemangsa).

Kaki yang Spesial

Kebanyakan burung memiliki empat jari di kakinya. Akan tetapi kaki burung unta berbeda. Burung ini hanya memiliki dua jari di kakinya (satu jari besar dan satu jari kecil). Meskipun begitu, tendangan kaki burung unta cukup kuat untuk membunuh seekor predator (pemangsa), seperti singa. Kaki burung unta menjadi alat pertahanan paling utama. Saat berlari, burung unta menggunakan jari besarnya sebagai tumpuan.

undefined
Lihat, kaki burung unta hanya memiliki dua jari.
Bersembunyi

Meskipun kakinya yang kuat bisa menjadi senjata untuk melumpuhkan lawan, burung unta kadang memilih menghindari perdator dengan berlari atau bersembunyi. Cara burung unta bersembunyi cukup unik, yakni merundukkan atau mendekatkan kepalanya ke permukaan tanah, sehingga badannya akan tersamar dan predator akan terkelabui.

Sayap Serbaguna

Meski tidak bisa terbang, burung unta tetap memiliki sayap. Bagian tubuh ini berguna untuk menentukan arah dan menjaga keseimbangan saat berlari. Selain itu, sayap burung unta juga bisa dijadikan payung untuk melindungi anak-anaknya dari panas dan hujan.

Satu Sarang

Saat musim bertelur tiba, para burung unta betina akan meletakkan telurnya di satu sarang yang sama. Biasanya, sarang betina dominanlah yang akan dipilih. Semua telur burung unta akan dijaga oleh seekor betina dan seekor jantan. Sang betina akan mengerami telur pada siang hari, sedangkan sang jantan mengerami telur pada malam hari. Proses pengeraman telur ini berlangsung selama 35 hingga 45 hari.

Metabolisme yang Unik

Reporter : willa widiana
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

8 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

13 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

16 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

14 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

8 jam yang lalu

Kena Batunya

2 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×