Gurano Bintang, Hiu Raksasa yang Bisa Diajak Bermain

  • Rabu, 19 Juli 2017 09:57 WIB

Gurano Bintang atau Hiu Paus. Foto: travel.kompas.com | Gurano Bintang atau Hiu Paus. Foto: travel.kompas.com

Teman-teman pernah mendengar ikan gurano bintang? gurano bintang adalah sebutan penduduk Nabire, Papua untuk ikan hiu paus. Salah satu jenis ikan raksasa yang saat ini sudah tergolong langka, tetapi kita masih bisa bermain bersamanya di Nabire, Papua.

Gurano Bintang

Gurano bintang atau hiu paus (whale shark) adalah ikan dengan ukuran raksasa. Ikan ini memiliki nama latin Rhincodon typus. Penduduk Nabire menyebutnya gurano bintang karena ada bintik-bintik putih pada tubuhnya, seperti bintang di langit gelap. Saat ini, jumlah gurano bintang sudah sangat sedikit. Kita harus bersyukur dan menjaga gurano bintang yang ada di Indonesia.

Hiu yang Ramah

Jika mendengar kata hiu, kita pasti akan teringat pada sosok pemangsa buas di lautan. Meski masuk ke dalam keluarga hiu, gurano bintang amat ramah kepada manusia. Ia tidak suka menyerang dan hanya suka memakan plankton, udang, serta ikan-ikan kecil.

Cara Makan yang Unik

Gurano bintang punya cara makan yang unik, yaitu dengan cara menyaring. Ia akan menuju perairan yang memiliki banyak plankton, lalu membuka mulutnya lebar-lebar. Nantinya, plankton dan air laut akan masuk ke mulut gurano bintang. Ketika mulutnya tertutup, air yang tadi terisap dikeluarkan kembali. Sementara, plankton-plankton terperangkap dan menjadi santapan lezat gurano bintang.

undefined
Berenang bersama Gurano Bintang. Foto: wwf.or.id
Berenang Bersama

Kita beruntung karena tinggal di Indonesia, Teman-teman. Itu karena, gurano bintang ini masih ada di Perairan Kwatisore, Nabire, Papua. Keberadannya mendorong pertumbuhan wisata di daerah ini. Banyak wisatawan dan peneliti datang untuk menghabiskan waktu bersama gurano bintang. Dengan pengawasan orang yang ahli, pengunjung bisa berenang bersama gurano bintang. Pengunjung juga bisa memberi makan ikan-ikan kecil untuk gurano bintang dan menyaksikan cara makannya yang unik.

Nah, keberadaan Gurano Bintang ini harus kita jaga, ya! Jangan sampai ikan yang ramah ini malah punah.

 

Reporter : Putri Puspita
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

12 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

10 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Kena Batunya

1 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

2 hari yang lalu

Asal Tahu Caranya

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×