Hiu Zebra, Ikan Raksasa yang Ramah

  • Selasa, 12 September 2017 17:06 WIB

Foto: Creative Commons | Foto: Creative Commons

Ada begitu banyak jenis ikan di perairan Bumi ini, mulai dari ikan kecil hingga yang berukuran sangat besar. Hiu pun memiliki banyak jenis, misalnya hiu zebra yang dikenal ramah dan tidak berbahaya.

Punya Banyak Nama

Hiu zebra lebih suka berkativitas di malam hari. Panjangnya kurang lebih 2,5 meter dan beratnya mencapai 30 kilogram, lo! Wah, ternyata berat juga, ya.

Lalu, mengapa, sih, mereka disebut sebagai hiu zebra? Nah, ternyata karena warna tubuhnya yang memiliki motif belang serupa kuda zebra, teman-teman. Meski seiring pertumbuhan hiu zebra, motif tubuh itu dapat berubah-ubah. Karena itu, hewan ini kemudian dikenal dengan banyak nama seperti Leopard Shark dan Triakis semifasciata. Di Indonesia, hiu jenis ini disebut cucut kembang, terkadang disebut pula sebagai cucut tokek.

Ciri Fisik Hiu Zebra

undefined
Foto: Creative Commons

Hiu lucu ini mempunya bentuk kepala agak gepeng dan sirip ekornya panjang. Matanya kecil, sehingga membuat si hiu tampak semakin menggemaskan. Sama seperti ikan lain, tentu hiu zebra juga memiliki insang untuk bernapas. Dalam tubuh seekor hiu zebra, setidaknya ada tiga celah insang.

Sama seperti motif tubuhnya, warna tubuh ikan ini juga dapat berubah-ubah sesuai dengan pertumbuhannya.

Hewan yang Ramah

Penyebaran hiu zebra cukup banyak, teman-teman. Mulai dari Indo Pasifik hingga Afrika Selatan sampai Maladewa. Bahkan, ikan ini juga terdapat di perairan Australia dan Indonesia, lo! Biasanya, hiu zebra banyak dimanfaatkan manusia sebagai tokoh atraksi wisata bawah laut karena sikapnya yang ramah dan bersahabat.

Hiu zebra tak keberatan jika tubuhnya disentuh. Ia juga suka menerima makanan dari manusia, tetapi tidak suka bila ekornya ditarik. Jadi, sebaiknya teman-teman tidak melakukan hal itu jika bertemu mereka, ya! Menarik ekor hiu zebra sama saja seperti memberi mereka ancaman.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×