Jamur Hantu, Mirip Gurita

  • Selasa, 29 Agustus 2017 17:45 WIB

Octopus Stinkhorn salah satu jenis tanaman jamur-jamuran | creativecommons.org

Ini bukan tanaman biasa. Namanya jamur hantu atau Octopus Stinkhorn. Penampilannya memang seram, apakah dia sangat berbahaya?

Tanaman Jamur-Jamuran

Namanya adalah Octopus Stinkhorn. Tanaman ini adalah salah satu jenis jamur-jamuran. Nama Latinnya adalah Clathrus archeri, Lysurus archeri, Anthurus archeri atau Pseudocolus archeri. Jamur ini adalah tanaman asli dari Australia dan Selandia Baru. Tapi, spesies jamur ini sudah diperkenalkan di  Amerika Utara, Asia, dan Eropa. Di Inggris, Jamur hantu ini dikenal dengan sebutan Devil’s Fingers atau Jari-Jari Hantu. Hiii, seraaam!

Bukan dari Telur

Tanaman ini berasal dari telur. Eits, tapi bukan telur sungguhan, ya! Telurnya akan meletus dan mengeluarkan jari-jari yang mirip seperti tentakel gurita. Telur pada jamur ini namanya adalah Gleba. Jamur yang berasal dari keluarga Phallaceace pasti mempunyai gleba. Bentuk gleba bulat seperti telur, dan teksturnya seperti agar-agar. O ya, setiap gleba yang meletus bisa mengeluarkan 4-8 tentakel. Tinggi tanaman jamur ini sekitar 5-15 cm, sedangkan panjang tentakelnya mencapai 3-10 cm.

undefined
Gleba tempat keluarnya jamur hantu.
Gleba mirip seperti telur | Foto : creativecommons.org

Dapat Dimakan

Jamur hantu ini termasuk golongan jamur yang bisa dimakan. Tapi, sayangnya karena jamur ini berlendir dan berbau, sehingga tidak ada yang berani memakannya. Lendirnya berfungsi untuk menangkap serangga. O ya, bau busuk jamur ini bisa tercium dari jarak 15 meter, lo. Warna asli jamur ini adalah putih. Tapi, lama-kelamaan berubah menjadi merah muda sampai merah tua. Walaupun berwarna merah, tapi jamur ini tidak berbahaya, tidak beracun, dan tidak mengganggu tanaman lainnya. Jamur hantu ini biasanya tumbuh di udara yang lembab, bisa di sekitar pohon tunggal yang sudah tua, diantara kayu-kayu, dan sampah-sampah dedaunan

Meskipun penampilannya seram, jamur hantu ini sama sekali tidak membahayakan, lo!

Reporter : Marisa Febrilian
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×