Kantong Semar, Tanaman Pemakan Hewan

  • Sabtu, 9 September 2017 16:35 WIB

Kantong Semar, Tanaman Pemakan Hewan | Kantong Semar, Tanaman Pemakan Hewan | pixabay.com

Ternyata, tanaman juga ada yang suka memakan hewan, lo! Namanya kantong semar!

Tanaman Karvnivora

Kantong Semar adalah tanaman yang bisa tumbuh setinggi 15 hingga 20 meter. Mereka tumbuh dengan cara memanjat tanaman lainnya. Jadi, jika diperhatikan, tanaman ini hampir sama seperti tanaman merambat. Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman ini tumbuh dengan cara memanjat tanaman lain.

Tanaman ini merupakan tanaman unik, karena tanaman ini bisa memakan serangga, seperti lalat, bahkan anak kodok sekalipun. Jadi, tanaman ini termasuk tanaman karnivora.

Terjebak di Kantungnya

Para serangga atau hewan yang menjadi korbannya adalah hewan yang terjebak di dalam kantungnya. Jika sudah terjebak di dalam kantung tersebut, hewan itu akan kesulitan untuk melarikan diri karena dinding kantong semar sangat licin.

Selain itu, ketika sudah ada hewan yang terjebak, kantong semar akan mengeluarkan enzim untuk mencerna hewan tersebut.

undefined
Seekor serangga terperangkap di dalam kantung semar.

Ada di Mana-mana

Kantung semar ada dua jenis. Ada jenis yang hidup di dataran tinggi dan jenis dataran rendah. Jadi, tanaman ini ada yang hidup di tempat yang lembab, teduh, dan sedikit cahaya.  Ada juga yang tumbuh di tempat yang terbuka dengan cahaya yang banyak.

Tanaman kantung semar ini ada di mana-mana. Mulai dari Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan Australia. Tempat kantong semar yang paling banyak adalah di Pulau Sumatera dan juga Borneo.

Masakan Kantung Semar

Ternyata, ada beberapa orang yang menjadikan kantung semar sebagai bahan makanan. Biasanya mereka memasak kantung semar dengan cara memasukkan beras ke dalam kantung kemudian dikukus hingga matang.

Foto: pixabay.com, Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : KUSSUSANI

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

1 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

3 hari yang lalu

Bintang Pensi

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

3 hari yang lalu

Bekal Makan Siang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×