Katokkon, Cabai yang Bentuknya Mirip Paprika

  • Rabu, 13 September 2017 15:45 WIB

Katokkon, cabai khas Toraja yang bentuknya mirip paprika | Sylvana Toemon

Saat melihat cabai ini, pasti banyak yang menebaknya sebagai paprika. Bentuk maupun warnanya mirip sekali. Kita baru mengetahui bedanya saat merasakannya. Cabai ini pedasss sekali.

Mirip Paprika

Cabai ini bentuknya agak gemuk dan berlekuk, mirip paprika. Seperti paprika, cabai ini berwarna hijau saat muda. Buahnya kemudian berubah warna menjadi kuning, lalu berubah lagi menjadi oranye atau merah. Ukuran buahnya lebih kecil dari paprika. Buah yang sudah matang mengeluarkan aroma pedas yang khas.

undefined
Katokkon yang sudah matang berwarna merah. Foto: Sylvana Toemon

Melebihi Pedas Cabai Rawit

Walaupun bentuknya mirip paprika, rasanya sangat berbeda. Paprika rasanya pedas agak manis. Katokkon rasanya luar biasa pedas. Sambal katokkon seujung sendok sudah cukup membuat pedas sepiring makanan. Pedasnya katokkon melebihi pedas cabai rawit.

Khas Toraja

Cabai yang mirip paprika ini dikenal dengan nama katokkon atau lada katokkon. Katokkon banyak tumbuh di daerah Tana Toraja. Cabai jenis ini tumbuh dengan baik di dataran tinggi yang sejuk, seperti Tana Toraja. Saat ditanam di tempat lain, cabai ini pertumbuhannya kurang baik. Bahkan ada kalanya tidak berbuah sama sekali. Katokkon kemudian menjadi bagian dari makanan khas Toraja. Menikmati makanan khas Toraja tak lengkap tanpa sambal katokkon.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×