Mengenal Burung Myzomela irianawidodoae, Namanya Diambil dari Nama Ibu Iriana Widodo

  • Rabu, 10 Januari 2018 15:01 WIB

Myzomela irianawidodoae | Foto: Philippe Verbelen

Bobo.id – Ada kabar gembira yang datang dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lo, teman-teman.

Telah ditemukan jenis baru dari spesies burung di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

O iya, yang unik dari spesies ini adalah namanya. Sebab namanya diambil dari nama Ibu Negara kita, Iriana. Kok bisa, ya?

Bentuk Penghargaan

Penggunaan nama Ibu Iriana ini telah disetujui oleh Pak Presiden Joko Widodo melalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Sekretaris Negara.

Burung tersebut diberi nama Myzomela irianawidodoae, beradasarkan Surat Nomor B 1199/M.Sesneg/D-2/HL.01.00/12/2017 tertanggal 17 Desember 2017.

Pemberian nama burung endemik (asli Indonesia) dengan nama Ibu Negara ini adalah sebuah bentuk penghargaan kepada Ibu Negara karena telah memberi perhatian kepada kehidupan burung di Indonesia.

Burung yang Dilindungi

Burung Myzomela irianawidodoae ini termasuk ke dalam keluarga Meliphagidae. Ini artinya burung ini masuk dalam daftar burung yang dilindungi oleh undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan PP Nomor 7 Tahun 1999.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Adikku Manis

2 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

19 jam yang lalu

Ketika Dihukum Mama

14 jam yang lalu

Pertemuan di Atas Andong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×