Mengenal Jenis-jenis Nyamuk

  • Sabtu, 4 November 2017 17:05 WIB

Nyamuk | Creative Commons

Teman-teman tentu mengenal nyamuk.  Yap, serangga ini mudah sekali ditemui dan sering mengganggu tidur malam. Tahukah teman-teman bahwa nyamuk sangat beragam jenisnya?  Masing-masing jenis nyamuk memiliki ciri khasnya sendiri.

Aedes aegypti

Nyamuk ini dikenal juga sebagai nyamuk demam berdarah, karena membawa virus dengue yang dapat mengakibatkan demam berdarah. Hiii..! Nyamuk ini memiliki warna yang khas, yaitu warna loreng pada tubuhnya. Nyamuk ini bertelur pada genangan air yang bersih. Telur nyamuk inilah yang berkembang menjadi “anak-anak nyamuk”. Nyamuk demam berdarah aktif pada pagi hingga siang hari dan menyukai tempat-tempat gelap.

Anopheles sp.

Nyamuk ini dikenal juga sebagai nyamuk malaria, karena gigitannya dapat menyebabkan penyakit malaria. Nyamuk ini berwarna cokelat pucat dan tidak memiliki loreng pada kakinya. Nyamuk ini juga meletakkan telurnya di air bersih dan menyukai tempat gelap. Namun, nyamuk ini lebih suka berkeliaran di malam hari.

Culex sp.

Nyamuk inilah yang mengakibatkan penyakit japanese enchephalitis dan penyakit kaki gajah. Nyamuk ini berwarna kusam dan memiliki loreng berwarna cokelat pada bagian perutnya. Nyamuk ini suka meletakkan telurnya di air kotor atau air yang tercemar, misalnya di got-got yang kotor. Nyamuk ini mengincar manusia pada malam hari dan biasanya membuat sarang di dalam ruangan sebelum dan setelah menggigit manusia.

Itulah berapa jenis nyamuk yang seringkali mengganggu tidur kita. Ternyata, nyamuk-nyamuk itu menyukai air yang tergenang. Oleh karena itu, jaga kebersihan lingkungan sekitar dan jangan biarkan air menggenang di sekitar tempat tinggal ya.

Reporter : Putri Puspita
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

18 jam yang lalu

Diuji dengan Mimpi

3 hari yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

3 hari yang lalu

Akibat Saling Mengalah

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×