Mengenal Saiga Antelope yang Hampir Punah

  • Senin, 17 Juli 2017 18:43 WIB

Saiga antelope yang hampir punah | Foto: populerdidunia.com

Saiga antelope (Saiga tatarica) adalah hewan yang tubuhnya mirip dengan antelope (sejenis kijang yang bertubuh kecil). Wajah hewan ini merupakan perpaduan antara wajah antelope, kambing, dan tapir. 

Tinggi saiga antelope tidak sampai satu meter. Tinggi punggung mereka ke tanah kurang lebih 50 – 80 sentimeter. Hidungnya sangat besar, yang bisa digunakan untuk menyaring debu sekaligus mengatur suhu darahnya. 

Hewan yang hampir punah

Saat ini, saiga antelope hanya bisa ditemukan di sebagian pegunungan Kaukasus yang berbatasan dengan Rusia dan Mongolia. Populasi hewan ini tidak banyak karena sudah hampir punah, yaitu hanya sekitar 50.000 ekor saja di dunia.

Karena hampir punah, saiga antelope ditetapkan oleh WWF (World Wide Fund for Nature) sebagai hewan yang dilindungi.  Untuk melestarikannya kembali, pemerintah Rusia pun menetapkan cagar alam Cherny Zemly di Kalmykia.

Kenapa saiga antelope punah?

Hewan ini punah karena dulu sering terjadi perburuan liar. Tanduknya yang tinggi dan indahlah yang menarik pemburu untuk menyerang mereka. Tanduk tersebut biasanya akan dijual di pasar gelap sebagai barang antik dengan harga yang tinggi, yaitu mencapai USD 4.600.

Selain itu, saiga antelope juga punah karena adanya penyakit “pasteurollosis”. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang menyerang paru-paru saiga antelope dan bisa menular dengan cepat di antara mereka. Angka kematian akibat penyakit menular tersebut cukup tinggi pada tahun 2010 sampai 2015, yaitu mencapai 12.000 ekor.

Hanya ada di dua kebun binatang

Saiga antelope memiliki masa hidup yang cukup singkat, yaitu selama 6 sampai 10 tahun saja. Jika kamu ingin melihat hewan ini, kamu bisa berkunjung ke kebun binatang Moscow dan kebun binatang San Diego di Amerika. 

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : KUSSUSANI

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

1 hari yang lalu

Adikku Manis

1 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

4 jam yang lalu

Eiffel yang Hilang

4 jam yang lalu

Misteri Balado Ayam Pedas

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×