Morea, Belut Raksasa dari Maluku

  • Selasa, 13 Februari 2018 16:10 WIB

Morea, belut raksasa dari Maluku | Dok. Majalah Bobo/Ricky Martin

Bobo.id – Morea adalah belut yang istimewa. Apa saja keistimewaannya?

Berukuran Besar

Morea ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan belut biasa. Panjangnya dapat mencapai 1 meter lebih. Dalam bahasa setempat, morea artinya belut.

Belut jenis ini hanya ada di daerah Waai, tak jauh dari Kota Ambon. Belut-belut ini tinggal di sebuah kolam berair jernih yang dikenal dengan nama Kolam Waiselaka.

Belut Keramat

Belut raksasa ini tidak dijadikan bahan makanan. Morea dianggap sebagai belut keramat oleh penduduk di sekitarnya. Belut ini dipelihara dengan baik dan diberi makan setiap hari. Pengunjung yang datang pun dapat ikut memberi makan berupa telur rebus yang dapat dibeli dari warga.

Pawang Morea

Seperti belut lainnya, morea juga suka bersembunyi di dasar kolam, di balik batu, dan di dalam lubang. Sesekali morea muncul ke permukaan apabila ada yang memanggilnya.Tidak semua orang dapat memanggil morea, lo. Hanya ada beberapa orang pawang yang dapat melakukannya.

Mereka memanggil morea dengan cara memercikkan air. Tak lama kemudian belut raksasa ini muncul ke permukaan. Kita tidak perlu takut pada morea. Morea cukup jinak untuk disentuh.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Nama yang Bagus

2 hari yang lalu

Misteri PR Matematika

3 hari yang lalu

Maaf, Mbok!

16 jam yang lalu

Rumah Nomor 6

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×