Platypus, Hewan yang Membingungkan Ahli

  • Selasa, 7 Maret 2017 15:37 WIB

platypus

Pernah mendengar hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar? Ovovivipar adalah salah satu cara perkembangbiakan dimana seekor hewan menampilkan ciri-ciri hewan bertelur sekaligus beranak, seperti menyusui. Salah satu contoh hewan ovovivipar yang akan kita kenal adalah platypus.

Platypus
Platypus
Membingungkan

Platypus (Ornithorhynchus anatinus) adalah spesies hewan yang  unik dari Australia. Platipus dikelompokkan ke dalam mamalia monotremata. Kelompok ini dibedakan dari semua mamalia (hewan yang memiliki kelenjar susu) lain karena mereka bertelur.

Ketika pertama kali ditemukan, tampilan yang tidak biasa dari platypus menyebabkan kebingungan dan keraguan di antara para ilmuwan Eropa. Bahkan banyak dari mereka percaya bahwa binatang itu palsu.

Pandai Berenang

Platipus bisa berenang dengan kecepatan sekitar 1 meter per detik, tetapi ketika mencari makan kecepatan bisa mencapai 4 meter per detik. Wah, cepat sekali ya!

Namun, platypus sulit berjalan di darat karena tungkainya pendek. Platypus bahkan menggunakan hampir 30% lebih banyak energi ketika bergerak di darat, dibandingkan dengan mamalia darat dengan ukuran yang sama.

Platypus berenang
Platypus berenang
 

Mirip Bebek

Bentuk fisik platypus mirip dengan bebek, sehingga sering juga disebut Duck-billed Platypus atau Bebek Platypus. Namun, ia memiliki keunikan sendiri karena memiliki bentuk badan ramping (streamlined) dan pendek dengan paruh lebar pipih  (bill) di bagian depan. Platypus juga memiliki ekor yang ditutupi dengan bulu-bulu kedap air untuk menjaga suhu tubuhnya, kaki berselaput, berwarna coklat gelap hingga coklat kemerahan.

Ini dia platypus
Ini dia platypus

Sumber : https://australianmuseum.net.au/platypus

Reporter : Putri Puspita
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

8 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

13 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

16 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

14 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

8 jam yang lalu

Kena Batunya

2 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×