Salak, Buah Bersisik Asli Indonesia

  • Rabu, 24 Mei 2017 10:03 WIB

Buah Salak asli Indonesia. Foto: http://www.funnylla.com

Salak atau Snake Fruit  merupakan buah asli yang berasal dari Indonesia. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya yang bersisik. Banyak yang mengiri buah ini dari Malaysia atau Thailand, padahal buah salak adalah salah satu buah yang berasal dari Indonesia.

Jenis-jenis salak

Salah satu variannya, yaitu  salak condet merupakan Identitas kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya. Sayangnya, banyak yang mengira buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia. Beberapa jenis buah salak yang popular adalah salak pndoh, salak Bali, dan salak Medan.

Iklim tropis

Salak, adalah salah satu buah yang cukup banyak ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia. Pohonnya biasa ditanam di kebun, berbentuk perdu, tidak berbatang, tumbuh seperti rumput raksasa, memiliki daun lebat, dan berduri. Jadi, hati-hati yah jika bermain di dekat pohon salak.

Manfaat

Salak dapat dimanfaatkan dari kulit sampai biji loh. Kulit salak bisa dijadikan teh dan biji salak bisa dijadikan kopi. Ada banyak nutrisi di dalam buah salak, seperti  kalsium sebanyak 28 mg, 4,2 mcg zat besi, dan juga fosfor sebanyak 18 mg. Melalui kandungan yang ada tersebut, buah salak benar-benar berperan aktif untuk sumber penyedia mineral dan serat pada tubuh.

Reporter : Putri Puspita
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×