Tawon Pemangsa Tarantula

  • Kamis, 14 September 2017 11:45 WIB

Hanya tawon tarantula betina yang memangsa tarantula, sementara jantannya lebih suka berburu sari bunga. | Creative Commons.

Serangga ini tidak hanya bisa menyengat bila merasa teganggu, tapi juga gemar memangsa tarantula. Wow!

Tawon Tarantula

Dia adalah tawon tarantula atau tarantula hawk. Ada dua genus tawon yang memangsa serangga, yaitu pepsis dan hemipepsis. Tapi, yang paling banyak ditemukan adalah genus pepsis.

Tawon tarantula merupakan jenis serangga yang punya sengat dan ciri-ciri khusus, yaitu warna tubuhnya biru metalik kehitam-hitaman dan sayap yang berwarna oranye kecoklatan. Tawon jenis lain biasanya memiliki sayap hitam kebiru-biruan, merah, atau kecoklatan. Warna sayap tawon tarantula yang terang adalah bentuk peringatan bahwa ia berbahaya. Tawon ini panjangnya bisa mencapai 5 cm.

Tawon Betina Pemburu Tarantula
Tawon tarantula yang memburu tarantula adalah tawon betina. Tujuannya untuk memberi makan larva-larvanya. Tawon tarantula jantan tidak berburu, mereka lebih suka mengumpulkan sari bunga.

Bagaimana cara mereka berburu tarantula? Tawon betina akan mendekati tarantula dan mencoba mengganggunya. Karena merasa terganggu, tarantula tanpa sadar mengangkat kaki-kakinya. Pada saat itulah, tawon akan beraksi dengan cara menyengat bagian perut sehingga tarantula menjadi lumpuh.

Cara lainnya, tawon akan membalikkan tubuh tarantula, kemudian menangkap kaki, lalu menyengat pada bagian perutnya. Setelah itu, tawon tarantula akan menyeret tarantula ke sarang.

Habitat  Tawon Tarantula
Sebanyak 250 spesies tawon tarantula diketahui hidup di negara Amerika Selatan. Selain itu, tawon tarantula ini juga dapat ditemukan di negara India, hingga Asia Tenggara, Afrika, dan Australia.

Reporter : Eka Kartika
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×