Apa Penyebab Mata Kedutan?

  • Kamis, 11 Januari 2018 10:31 WIB

Kenapa Mata Kedutan? | Ode

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu pernah mengalami kedutan di mata? Jika pernah, kira-kira kamu tahu tidak penyebab mata kedutan?

Refleks

Pak Dave Patel adalah asisten dari seorang profesor ophthalmologist (ahli pengobatan mata). Menurutnya, kedutan di mata merupakan refleks yang terjadi pada kelopak mata.

Refleks ini bertujuan untuk melindungi bola mata dari benda-benda asing. Seperti kita tahu, beberapa benda asing bisa melukai bola mata kita.

Kelelahan dan Kekeringan

Kedutan di mata juga bisa disebabkan oleh kelelahan dan kekeringan. Kelelahan dan kekeringan bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya terlalu lama di depan komputer dan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkafein.

Jika kamu sering menggunakan komputer atau ponsel, usahakan untuk memberikan jeda istirahat yang cukup. Jadi, mata kamu tidak cepat lelah.

undefined
Terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan mata kedutan!

Apa yang Harus Dilakukan?

Saat terjadi kedutan, kamu bisa memejamkan mata sejenak.

Setelah itu, kompres dengan kain yang sudah dibasahi air dingin. Selanjutnya, kamu bisa memberikan obat tetes mata. Jika kedutan terus terjadi, kamu bisa pergi ke dokter.

Jangan Dikucek

O iya, Teman-teman, saat mata berkedut, jangan dikucek ya! Tangan kita mengandung banyak bakteri. Saat mengucek mata, bakteri yang ada di tangan bisa pindah ke mata. Selain itu, mengucek mata juga bisa membuat permukaan bola mata tergores.

Ilustrasi: Ode

Reporter : willa widiana
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

1 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

10 jam yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

13 jam yang lalu

Putri Gembala Angsa (Bag 2)

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×