Apakah Setiap Rumah Harus Memiliki Jendela?

  • Senin, 11 September 2017 14:35 WIB

Foto: pixabay.com | Foto: pixabay.com

Setiap rumah memiliki pintu dan jendela. Jika pintu digunakan sebagai tempat keluar masuk, lalu apa fungsi jendela pada tiap rumah?

Masuknya Cahaya Matahari

Meski di dalam rumah ada lampu dan penerangan lain, tetapi sebenarnya rumah juga membutuhkan cahaya Matahari secara langsung, lo, teman-teman. Nah, salah satu gunanya jendela pada tiap rumah adalah agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Matahari dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Cahaya Matahari juga membuat kita terhindar dari kuman-kuman penyebab penyakit, teman-teman. Bagaimana pun, cahaya dari alam itu lebih baik daripada cahaya buatan seperti lampu.

undefined
Foto: pixabay.com

Tempat Sirkulasi Udara

Sirkulasi atau pertukaran udara juga dapat terjadi melalui jendela rumah. Dengan adanya pertukaran udara, maka ruangan-ruangan di dalam rumah bisa menjadi lebih segar. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia yang tinggal di rumah tersebut, lo!

Proses sirkulasi atau pertukaran udara dapat menggantikan udara yang ada di dalam rumah dengan udara dari luar yang lebih segar. Semakin banyak jendela yang terbuka, maka akan lebih cepat proses sirkulasi terjadi.

Nah, tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata adanya jendela di rumah juga dapat mencegah kebosanan, lo, teman-teman! Bayangkan, jika di rumah atau kamarmu tidak ada jendela, teman-teman takkan bisa melihat pemandangan di luar rumah atau tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di luar rumah.

Jendela membuat rumah semakin indah dipandang dari sisi luar, sekaligus sarana untuk melihat pemandangan dunia luar dari dalam rumah.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

3 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

Dendam yang Sia-sia

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×