Inilah 7 Fakta Seputar Kuku

  • Rabu, 14 Juni 2017 16:27 WIB

Foto: kemanaajaboleeh.com

Tahukah kamu apa materi pembentuk kuku tangan dan kaki kita? Ternyata kuku yang kita miliki terbentuk dari protein yang disebut dengan keratin. Keratin tadi membentuk serat, keratin ini jugalah yang membuat kuku menjadi keras dan kuat.

Terdapat banyak ujung saraf di bawah kuku yang memungkinkan kita untuk menerima informasi tentang benda atau apapun yang akan disentuh. Lalu, apakah fungsi kuku tersebut? Fungsi kuku yang paling penting adalah melindungi ujung jari yang penuh dengan saraf dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku.

Selain itu, ada beberapa fakta lain seputar kuku tangan dan kaki yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, kita simak informasinya!

1. Kuku tumbuh sekitar 3-5 milimeter dalam sebulan tetapi jika kekurangan vitamin atau sedang mengidap penyakit tertentu, kuku-kuku tersebut akan tumbuh dengan lambat.

2. Jika kita terluka hingga kuku terlepas, butuh waktu sekitar 3-5 bulan agar kuku itu dapat tumbuh utuh kembali seperti semula.

3. Rambut dan kuku ternyata terbuat dari protein yang sama, yaitu sama-sama terbuat dari keratin. Hanya saja kedua protein tersebut terbentuk di daerah tubuh yang berbeda.

4. Kutikula pada kuku berfungsi untuk menahan kelembaban dan menjaga tubuh dari kuman. Meski banyak yang tidak suka dan tidak nyaman melihat kutikula pada kuku, sebaiknya kutikula tersebut jangan dipotong atau dicabut sampai habis.

5. Tidak semua orang memiliki kuku yang keras dan tidak mudah patah, ada sebagian orang yang memuliki kuku yang rapuh. Ternyata keras atau pun lunaknya kuku, bisa diturunkan dari orangtua, lo.

6. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh musim dan cuaca. Kuku akan lambat tumbuh saat musim hujan atau dingin dan tumbuh normal saat cuaca cerah dan panas.

7. Keadaan kuku dapat menunjukkan apakah kita sedang dalam keadaan sehat atau tidak, lo. Ada banyak tanda-tanda yang bisa menunjukkannya seperti kuku yang berwarna pucat menandakan bahwa kita menderita anemia atau kekurangan darah. Tanda yang lain seperti garis-garis vertikal berwarna gelap menunjukkan bahwa seseorang mungkin saja sedang mengidap melanoma atau kanker kulit. Sedangkan jika kuku kita menunjukkan warna biru, maka itu artinya tubuh kita sedang kekurangan oksigen. 

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Jadiiā€¦ Itu Mamanya

2 hari yang lalu

Masakan Chef Misterius

1 hari yang lalu

Dua Nenek

3 hari yang lalu

Mak Yun

23 jam yang lalu

Kuningan

2 jam yang lalu

Kambing Hitam

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×