Jalur Trotoar Khusus untuk Tunanetra

  • Sabtu, 6 Januari 2018 10:10 WIB

Jalur trotoar khusus untuk tunanetra | Sylvana Toemon

Bobo.id – Saat berjalan di trotoar, apakah kamu pernah melihat garis kuning? Garis kuning ini adalah jalur trotoar khusus untuk penyandang disabilitas, terutama tunanetra.

Syarat Trotoar Ideal

Jalur khusus ini adalah salah satu syarat trotoar yang ideal. Jalur ini berguna untuk memandu penyandang disabilitas, terutama yang tunanetra. Garis kuning itu dibuat dari ubin dengan pola yang timbul seperti huruf Braille. Polanya ada yang garis, ada yang titik. Kita dapat merasakan adanya pola timbul itu di bawah alas kaki. Pola garis adalah tanda untuk berjalan lurus. Pola titik menandakan untuk berhenti sejenak.

Tunanetra Diutamakan

Jalur ini dibuat untuk memudahkan penyandang tunanetra. Apabila ada halangan di jalur ini, maka jalur dibuat sedikit berbelok. Itu sebabnya jalur ini membelok saat bertemu dengan tiang listrik, pohon, atau pot bunga. Gunanya supaya teman-teman kita yang penglihatannya kurang baik tidak tersandung. Jalur ini boleh digunakan oleh orang yang penglihatannya baik. Namun, apabila ada penyandang tunanetra yang ingin menggunakannya, maka harus diutamakan.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sylvana Toemon

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

1 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

10 jam yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

13 jam yang lalu

Putri Gembala Angsa (Bag 2)

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×