Login, Pesan Pertama di Internet

  • Jumat, 19 Mei 2017 14:12 WIB

Login, pesan pertama di internet | Sylvana Toemon

Saat ini, kita bisa mengirimkan berbagai macam pesan di internet. Tidak hanya berupa teks, tapi juga berupa gambar, suara dan video. Mengirimkan pesan di internet telah menjadi bagian hidup kita. Tahukah kamu apa pesan pertama yang dikirimkan lewat internet?

LOGIN

Tanggal 29 Oktober 1969, Profesor Leonard Kleinrock dari UCLA dibantu oleh muridnya, Bill Duvall, mengirimkan pesan pertama secara elektronik ke komputer lain. Pengiriman pesan ini dengan menggunakan ARPANET, cikal bakal internet. Mereka mengirimkan pesan itu ke komputer Pak Charley Kline dari Universitas Stanford. Kata yang mau dikirimkan adalah LOGIN.

Profesor Leonard Kleinrock dari UCLA dan mesin pengirim pesannya / Sumber foto: en.wikipedia.org.
Profesor Leonard Kleinrock dari UCLA dan mesin pengirim pesannya / Sumber foto: en.wikipedia.org.

Dikirimkan huruf demi huruf

Saat itu, pengiriman pesan tidak seperti sekarang. Kata "LOGIN" itu harus dikirimkan huruf demi huruf. Pak Bill segera menelpon Pak Charley tak lama ketika mengirimkan huruf-huruf tersebut. Mereka sangat senang ketika huruf L terkirim. Kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan huruf O. Huruf O pun dapat diterima di komputer Pak Charley. Ketika mengirimkan huruf ketiga, huruf G, sambungan tiba-tiba terputus. Jadi pesan yang terkirim hanya "LO". Sambungan ARPANET itu baru kembali terhubung sekitar 1 jam kemudian. Saat itu barulah kata "LOGIN" dapat terkirim secara utuh.

Pintu masuk ke dunia internet

LOGIN yang menjadi kata pertama di internet ini juga menjadi kata pertama di banyak situs internet. "Login" adalah pintu masuk ke dunia internet. Sekarang, internet tidak hanya menghubungkan 2 komputer di 2 kampus. Internet menghubungkan banyak orang di seluruh dunia, termasuk juga kita, anak-anak pembaca bobo.id.

Reporter : Sylvana Toemon
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×