Makan Telur Mentah, Sehat atau Tidak?

  • Minggu, 14 Januari 2018 10:15 WIB

Makan telur mentah berbahaya tidak ya? | Foto: Pexels

Bobo.id – Teman-teman pernahkah mengonsumsi telur yang mentah? Telur mentah biasanya dikonsumsi tanpa diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Biasanya telur mentah dimakan untuk mendapatkan protein tambahan. Namun, benarkah mengonsumsi telur mentah baik bagi kesehatan kita?

Tingginya Kadar Nutrisi pada Telur Mentah

Dilansir dari hellosehat.com, telur mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral, lemak baik, dan antioksidan yang maksimal.

Nah, dalam keadaan yang masih mentah, nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam telur tadi kadarnya lebih tinggi dibandingkan dengan telur matang atau setengah matang.

Ketika telur dimasak, kadar vitamin A, B5, dan kaliumnya dapat berkurang. Inilah kenapa banyak orang memilih untuk mengonsumsi telur yang mentah.

Penyerapan Protein yang Sedikit

Banyak yang percaya bahwa kadar protein dapat meningkat dengan cepat ketika kita mengonsumsi telur mentah. Padahal yang terjadi adalah protein telur tidak terserap secara maksimal.

Menurut penelitian International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2004, manusia justru menyerap protein lebih banyak dari telur yang sudah matang, yaitu hingga 90 persen.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Pino yang Cerdik

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×