Melihat dari Mata Kucing

  • Kamis, 14 September 2017 15:35 WIB

Penglihatan mata kucing berbeda dari penglihatan mata manusia. | Creative Commons.

Kucing dikenal sebagai hewan yang bisa melihat dengan baik dalam keadaan gelap. Hmm… bagaimana jika kita melihat dari mata kucing, ya?

Kucing memiliki sususan dasar mata yang mirip dengan mata manusia. Apakah dengan begitu, penglihatan mata kucing dan mata kita sama? Untuk mengetahui jawabannya, seorang seniman bernama Nickolay Lamm, membuat eskperimen foto untuk melihat dari mata kucing.

Sebagai predator, kucing membutuhkan kemampuan untuk melihat pergerakan dalam cuaca buruk atau cahaya yang terbatas. Untuk itu, kucing harus mengorbankan beberapa detail dan jenis warna seperti yang ada dalam mata manusia.

Nickolay Lamm lalu berkonsultasi dengan ahli mata di sekolah kedokteran hewan University of Pennsylvania dan beberapa spesialis mata hewan, untuk membuat foto yang membandingkan penglihatan kucing dan manusia.

undefined
Mata manusia (atas), mata kucing (bawah). | Foto: Nickolay Lamm

Kucing bisa melihat dalam gelap. Penglihatannya dalam gelap bisa enam sampai delapan kali lebih baik daripada mata kita. Itu karena mereka memiliki jumlah sel batang yang lebih banyak. Sel batang adalah organ penerimaan cahaya dalam retina.

Pupil mereka yang berbentuk oval dapat membuka dengan sangat lebar dalam cahaya remang-remang, tapi juga bisa menyempit untuk melindungi retinanya dari cahaya yang terang. Kucing juga memiliki lapisan tapetum lucidum yang membuat mata mereka bisa menyala dalam gelap.

Penglihatan mata kucing itu unik, ya, teman-teman!

Tahukah Kamu?

Jarak pandang mata kucing lebih luas dibanding manusia. Manusia hanya bisa melihat 180 derajat, sedangkan kucing bisa melihat selebar 200 derajat.

Manusia bisa mendeteksi gerakan 10-12 kali lebih baik dibanding kucing.

Manusia bisa melihat objek dengan jelas di jarak 20-60 meter jauhnya. Sementara kucing hanya bisa melihat jelas sejauh 6 meter.

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×