Serba-serbi Pensil, dari Pensil Grafit sampai Pensil Warna

  • Minggu, 14 Januari 2018 17:30 WIB

Sedikit Kisah Tentang Pensil | Ode

Bobo.id - Dengan pensil, kita bisa menggambar apapun dan menghapusnya kembali jika mau. Bicara soal pensil, ada sedikit kisah tentang pensil warna yang harus kamu ketahui, nih, Teman-teman!

Bubuk Grafit dan Tanah Liat

Pensil modern terbuat dari campuran bubuk grafit dan tanah liat yang dibentuk menjadi batangan. Setelah itu, batang grafit akan dibakar supaya kering. Batang grafit yang sudah dibakar akan dilapisi kayu atau kertas, supaya nyaman saat digunakan.

Mudah Patah

Saat awal-awal ditemukan, pensil hanya terbuat dari batang grafit yang panjang dan hitam seperti arang. Pensil seperti ini sangat mudah patah. Seiring berjalannya waktu, pensil mulai dilapisi kayu seperti yang kita gunakan saat ini.

Pabrik Bermunculan

Setelah pensil modern ditemukan, pabrik pensil mulai bermunculan. Salah satunya adalah A. W. Faber Company yang terletak di Stein, Jerman. Pada tahun 1920, pabrik pensil ini mengembangkan pensil warna.

Setelah itu, pabrik pensil lainnya pun mulai membuat pensil warna, mengikuti jejak A. W. Faber Company.

Lilin

Pensil warna terbuat dari lilin, pigmen, dan bahan-bahan lainnya. karena mengandung lili, coretan pensil warna pun jadi lebih berkilau dan susah untuk dihapus.

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Pino yang Cerdik

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×